Ekonomi

AP I Sepinggan Tawarkan Investor Bangun Terminal Pesawat Apung

Posisi bandara SAMS Sepinggan yang berada di tepi laut menjadi kelebihan untuk membangun terminal pesawat terbang apung. (Fey/diswaykaltim.com)

Balikpapan, Disway Kaltim. com – PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan mengincar pendapatan dari bisnis di luar penumpang, sebagai dampak belum pulihnya kondisi penerbangan tanah air. Pengelola bandara akan berharap menambah pendapatan dari hanggar dan fixway, yang selama ini belum dioptimalkan.

Rencana itu disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan, Farid Indra Nugraha, ketika dijumpai pada Kamis (8/8/2019). “Jadi ada kegiatan bisnis yang selama ini tidak pernah digarap, yang memberikan peluang kami mencari alternatif (pendapatan) lain.

Kami akan mencoba mengembangkan hanggar helikopter dan hanggar fixway. Selama ini tidak pernah tergarap, akan kami paksakan supaya keterisiannya lebih banyak,” ujar Farid Indra.

Untuk rencana itu, AP I akan bekerja sama dengan Garuda Maintenance Facility (GMF), yang akan merancang pemeliharaan pesawat di hanggar Sepinggan.

Yang tak kalah menariknya ini: rencana membangun terminal seaplane atau pesawat terbang apung. Manajemen AP I disebut telah bertemu dengan sejumlah investor untuk mengembangkan potensi tersebut. Hal ini sekaligus memanfaatkan posisi Bandara SAMS Sepinggan yang berada di tepi laut.

“Ini erat kaitannya dengan bidang pariwisata. Seperti di Maldives yang punya banyak terminal seaplane untuk mengakomodir pariwisata mereka,” imbuh dia.

Soal terminal pesawat terbang apung ini, Farid Indra memberi contoh di Maratua dengan penerbangan pesawat ATR Garuda.

“Pesawatnya take-off dan landing dari terminal laut, kemudian buang jangkar di resort. Kami akan tawarkan strategi ini kepada investor dan pemerintah provinsi dengan pola kerja sama,” kata dia.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button