EkonomiHL

Jumlah Penduduk Miskin di Balikpapan Terus Berkurang

banner diskominfo kaltim

Kepala BPS Balikpapan Ahmad Zaini. (Fey/DiswayKaltim.com)

Balikpapan, Disway Kaltim.com – Angka penduduk miskin Kota Balikpapan setiap tahun terus mengalami penurunan. Penurunan itu menjadikan Kota Minyak berada di urutan kelima terendah untuk kategori kota se-Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan angka penduduk miskin tahun 2018 menjadi 2,64 persen. Angka tersebut menurun apabila dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 2,81 persen.

Baca Juga

“Jumlah penduduk miskin di Balikpapan cenderung menurun itu menjadi 2,64 persen itu nomor 5 terkecil di Indonesia,” terang Kepala BPS Balikpapan, Ahmad Zaini, Kamis (1/8/2019).

Dengan turunnya penduduk miskin, maka pemerintah kota mampu mengendalikan inflasi sehingga tingkat harga stabil dan pertumbuhan ekonomi terus bertumbuh.

“Artinya pemerintah daerah mampu mengendalikan inflasi sehingga tingkat harga stabil, pertumbuhan ekonomi itu meningkat. Kemudian usaha berjalan dan pendapatan masyarakat di bawah garis kemiskinan itu juga meningkat. Sehingga 800 rumah tangga tertuntaskan,” sebutnya.

Bahkan menurutnya, kesenjangan pendapatan masyarakat Balikpapan juga baik. Terbukti, Index Gini Ratio hanya mencapai 0,32 persen. “Secara terstruktur pendapatan masyarakat Balikpapan itu seperti guci, jadi banyak di tengah. Orang kayanya sedikit, orang miskin sedikit namun orang menengahnya banyak itu dilihat index gini ratio 0,32 persen, artinya ketimpangan rendah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Berdasarkan data BPS tahun 2017, jumlah orang miskin di Kota Minyak termasuk kecil hanya 2,81 persen atau sekitar 17.550 orang. Bahkan angka kemiskinan ini termasuk yang paling kecil di Kaltim. (K/fey/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button