Oil and Gas

Pertamina Hulu Mahakam Tancap Gas Menaikkan Produksi Tahun Ini

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pertamina Hulu Mahakam (PHM) tancap gas. Proyeksi di tahun 2022 tidak lagi hanya menjaga agar tidak turun, tapi mulai menaikkan produksinya.

Apalagi setelah pemerintah menyetujui insentif bagi keekonomian PHM. General Manager Pertamina Hulu Mahakam Agus Amperianto menyebut menargetkan produksi sesuai Work Program and Budget (WPNB) sekitar 550 MMSCFD dan minyak bumi sekitar 26.260 BOPD sepanjang 2022. Target itu berdasarkan optimalisasi kinerja dari 99 sumur pengeboran development dan 1 sumur eksplorasi.

General Manager Pertamina Hulu Mahakam Agus Amperianto. (Ryan/nomorsatukaltim.com)

Kemudian masih akan ditambah dengan pengerjaan sumur ulang dengan target berbeda sekitar 63 sumur. Sementara untuk well service yang masih dikerjakan PHM mencapai sekitar 4.400 sumur.

Baca Juga

“Jadi target kita akan cukup berat. Tapi dibandingkan 2021, increasing production kita bisa mencapai lebih dari 30 persen,” ujarnya, diwawancarai Disway Kaltim usai penanaman pohon bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto, di Rocket Mahakam Beach Club (RMBC) Balikpapan, Sabtu, 22 Januari 2022.

Menurutnya, temuan baru di Rig Hakuryu menjadi bekal optimisme bagi hulu migas di awal 2022. Temuan baru itu merupakan program Manpatu -1x, yakni program pengeboran eksplorasi 2021 yang berjalan sejak Oktober 2021 dengan masa pengerjaan 60 hari. Kegiatan itu sudah mulai tahapan pengetesan yang dilakukan dengan menembus lapisan sekitar 3.700 meter di bawah permukaan laut.

“Ini harus sangat hati-hati pengerjaannya. Jadi sangat berisiko. Ini momen yang baik sebetulnya. Untuk memberikan optimisme baru terkait temuan eksplorasi cadangan baru yang bisa PHM lakukan,” katanya.

Penemuan ini begitu berharga, lantaran sudah lebih dari 11 tahun paska operator terdahulu yakni Total E&P melakukan eksplorasi di wilayah tersebut.

“Orang sudah pesimis, apa betul di bawah Pertamina Hulu Mahakam bisa menemukan potensi cadangan lain yang belum dieksplor pada zaman Total. Dan sekarang terbukti. Cadangannya cukup besar,” urainya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button