Catatan Dahlan IskanHL

Idola Baru

INILAH pujaan baru anak muda Amerika. Ia nakal tapi jagoan. Ia sukses melakukan kolusi segitiga: medsos, pengecer saham, dan pelaku short seller. Pasar saham terbesar di dunia pun guncang. Pasar saham Wall Street di New York heboh.

Inilah jagoan itu: Keith Gill. Umur 34 tahun. Anaknya satu. Pekerjaannya: staf analis dan bagian pendidikan keuangan sebuah perusahaan asuransi di Massachusetts.
dahlan
Jago-jago lama goreng saham terasa kuno. Para jagoan lama itu ternganga saat Gill bisa menjadi tokoh sentral penggorengan saham masa kini. Paling fenomenal pula. Yang ia mainkan adalah saham GameStop. (Disway 31 Januari: Robinhood GameStop). Yang harga awal sahamnya hanya USD 17 per lembar. Setelah digoreng menjadi USD 450 per lembar. Hanya dalam waktu satu minggu. Akhir Januari kemarin. Kini, ketika harga saham GameStop itu terjun bebas lagi –tinggal USD 53 per lembar– Gill jadi gunjingan luar biasa. Kongres Amerika akan memanggilnya. Otoritas pasar modal juga akan memeriksanya. Ibunda Gill sendiri sampai waswas. Sang ibu sampai bertanya apakah yang dilakukannya itu tidak melanggar hukum. “Aman. Tidak ada peraturan yang saya langgar,” ujar Gill kepada ibunya, seperti yang diberitakan harian Wall Street Journal. Gill memang meminjam uang ibunya. Untuk membeli saham GameStop itu. Pinjaman itu tentu sudah dikembalikan. Keuntungan Gill luar biasa besar dari goreng saham itu. Ia mengaku mendapat laba USD 33 juta dalam waktu seminggu itu. Atau sekitar Rp 500 miliar. “Saya juga akan beli rumah,” ujar Gill. Ia memang belum punya rumah. Yang ia tempati sekarang ini rumah kontrakan. Tidak jauh dari rumah ibunya. Yakni di kota kecil Brockton, satu jam perjalanan dari kota Boston. Ke arah selatan. Rumah kontrakan itu ada basement-nya. Di ruang bawah tanah rumah kontrakan itulah Gill membangun studio kecil. Di situ Gill membuat video. Tanpa ada yang membantu. Tidak ada juru kamera. Sendirian.

1 2 3Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button