Catatan Dahlan IskanHL

Duta YouTuber

banner diskominfo kaltim

SAYA kaget: Gina jadi YouTuber di Korea Selatan. Tentu saya ingin menulis tentang dia nanti. Soalnya, saya punya hubungan khusus dengan Gina.

Tapi kali ini saya menulis dulu tentang YouTuber dari Los Angeles, Amerika Serikat. Juga asal Indonesia. Namanya: Butce Lie.
dahlan
Tempat tinggalnya yang strategis membuat Butce bisa mewawancarai Yurike Sanger –yang kini tinggal di kota kecil San Bernardino, tidak jauh dari Los Angeles. Istri ke-7 presiden Indonesia pertama itu kini baru berumur 76 tahun. Dia memang lahir tepat di tahun 1945 –saat Indonesia merdeka. Yurike masih tampak cantik. Dan modis. Masih lebih muda dari perkiraan siapa saja. Dan memang, saat dikawini Bung Karno, ia masih berstatus pelajar SMA. Jarak umur antara Bung Karno dan Yurike lebih jauh dari siapa yang kawin dengan siapa itu… Sebenarnya saya kecewa dengan wawancara itu. Hanya mengungkap sedikit sekali dari begitu banyak yang ingin diketahui dari Yurike. Tapi yang kecewa kelihatannya hanya saya sendiri. Buktinya viewer wawancara itu berkali-kali lipat lebih banyak dari wawancara-wawancara di YouTube saya. Berarti saya harus belajar dari Butce. Bahwa mendalam itu belum tentu menarik. Ini kelihatannya memang zaman ”kulit pun laku”. Tapi Butce memang jeli. Ia wawancara sisi mistik dari Bung Karno. Pemirsa rupanya senang yang mistik-mistik. Termasuk, meski pun, ternyata Yurike justru membantah semua itu: tidak benar Bung Karno bisa menghentikan hujan dengan hanya mengibas-kibaskan uang. Atau uang bergambar Bung Karno, kalau dikibaskan, bisa menghentikan hujan. “Mungkin yang mengibaskan itu pawang hujan,” jawab Yurike terkekeh. Isu bahwa Bung Karno suka bersemedi juga dibantah Yurike. “Kalau suka salat, sembahyang, iya,” katanyi. Demikian juga soal benda keramat. Menurut Yurike Bung Karno tidak pernah membawa benda keramat. Bahwa sisa-sisa makanan Bung Karno diperebutkan orang, Yurike menilai itu karena begitu banyak orang yang mendewakannya.

1 2 3 4 5Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button