Penajam

Wisata Titik Nol IKN Nusantara Bisa Jadi Stimulan Pariwisata PPU

PENAJAM PASER UTARA – Tingginya minat masyarakat melihat dari dekat titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) bisa menjadi berkah bagi pegiat wisata.

Apalagi, sejumlah fasilitas pendukung wisata sudah ada di wilayah itu. Seperti penginapan, hingga rumah makan. Belum lagi akses menuju titik nol IKN Nusantara semakin baik.

Peluang inilah yang dilirik Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI). HPI berharap otoritas memberikan izin agar titik nol IKN Nusantara dapat dikunjungi publik.

Saat ini masuk ke wilayah yang ditetapkan menjadi kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) dalam UU 3/2022 tentang IKN itu memerlukan izin khusus.

Bukan dari Badan Otorita IKN Nusantara, melainkan izin dari pemilik lahan yakni, PT ITCI Hutani Manunggal (IHM).

Dalam pertemuannya dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata baru-baru ini, Ketua DPC HPI PPU, Agung Khisbullah menyampaikan fenomena daya tarik Titik Nol IKN harus ditangkap demi kemajuan kepariwisataan PPU.

“Agar rekan-rekan pemandu bisa bisa diberikan ruang untuk menjadi guide jika ada yang ingin berkunjung ke sana. Karena seperti selama ini, banyak orang yang hendak ke sana, tapi tak semua bisa sampai ke sana karena tak memiliki akses khusus,” katanya, Rabu, (30/3/2022).

Ia menyebutnya tempat itu bisa dijadikan destinasi wisata edukasi dan sejarah. Karena menurutnya, siswa-siswi khususnya di Kaltim, utamanya di PPU perlu tahu secara langsung titik di mana rencana besar Pemerintah RI ini dimulai.

“Titik nol IKN ada di daerah mereka, kalau anak sekolah di wilayah PPU sampai tidak pernah berkunjung ke titik nol tersebut, sehingga ini menjadi hal yang ironi,” sebutnya.

Agung mengakui selama ini tak sedikit mendapatkan permintaan pelancong untuk diantarkan ke tempat itu. Baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun permintaan itu kerap tak bisa dilakukan karena keterbatasan akses tadi. Kemudian, sambung Agung, keuntungan lain yang bisa diambil dengan membuka akses ke titik nol IKN secara umum ialah meningkatkan sektor kepariwisataan di PPU.

Mengambil momentum pindahnya IKN itu sebagai titik balik industry kepariwisataan PPU yang beberapa tahun belakangan suram karena situasi pandemi COVID-19.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button