Penajam

PPU Siap Penuhi Kebutuhan Ikan Tawar IKN Nusantara

PPU, nomorsatukaltim.com – Salah satu wilayah di Penajam Paser Utara (PPU), Desa Sebakung Jaya disiapkan sebagai Kampung Perikanan Budidaya. Hal ini sebagai salah satu persiapan daerah penyangga dalam memenuhi sektor ketahanan pangan di ibu kota negara (IKN) Nusantara. Utamanya sektor perikanan.

Pemkab PPU sudah lama berencana mengembangkan budidaya ikan air tawar ini. Namun baru di awal-awal 2022 ini actionnya terlihat.

Plt Bupati PPU Hamdam Pongrewa menjelaskan potensi budidaya perikanan air tawar itu di Desa Sebakung Jaya ini cukup tinggi. Malahan diketahui sudah sejak lama budaya sebagian warga di sini.

Maka itu, rencana pengembangan ini diyakini akan berjalan dengan baik. Di samping peluangnya ke depan sangat besar, karena IKN, pun utamanya untuk membantu menopang perekonomian warga masyarakat.

“Saya melihat, Desa Sebakung Jaya memiliki potensi yang cukup besar untuk mengembangkan budidaya ikan air tawar ini, karena hampir di setiap rumah warganya sudah memiliki kolam ikan yang cukup luas. Dan, sudah sejak lama, saya ingin menjadikan Desa Sebakung Jaya ini sebagai Desa Seribu Kolam,” ungkapnya saat mengunjungi lokasi pengembangan budidaya ikan air tawar di desa itu kepada nomorsatukaltim.com – Disway National Network (DNN), Minggu (27/3/2022).

Ia memaparkan bahwa pembentukan ini secara program juga akan berjalan lancar. Pasalnya bak gayung bersambut, rencana ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat. Yaitu terbitnya Peraturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia 47/2021 tentang Kampung Perikanan Budidaya.

“Tentunya, kami pemerintah daerah sangat mendukung dan mendorong terciptanya Kampung Perikanan Budidaya ini, dan kami berharap dengan dijadikannya Desa Sebakung Jaya sebagai Kampung Perikanan Budidaya khususnya untuk Ikan Air Tawar ini, akan membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Desa Sebakung Jaya,” terangnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button