Penajam

Tiang PJU Senggol Kabel Listrik, PLN PPU Wanti-Wanti Pemkab

PPU, nomorsatukaltim.com – Ada penerangan jalan umum (PJU) di Penajam Paser Utara (PPU) yang posisinya membahayakan masyarakat. Tak main-main,  jika terus dibiarkan maka bisa menelan korban jiwa.

Keberadaan PJU di PPU memang sangat bermanfaat. Namun jika tata letaknya tidak tepat, malah bisa membahayakan masyarakat. Penilaian itu diutarakan oleh Analis Kinerja PT PLN ULP Petung, Trie Muliadi.

Menurutnya, pemasangan PJU dengan mekanisme solar cell atau pembangkit surya itu tidak mengindahkan aturan yang tepat. Untuk pendirian di sekitar areal bahaya listrik bertegangan. Letak PJU itu ada di Kelurahan Pejala.

Baca juga: Masalah Pemasangan PJU Mendominasi Di Reses Amin Hidayat

“Mohon jangan dianggap sepele masalah ini. Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia,” ucapnya, Rabu (17/11/2021), dikutip dari Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Jika diamati sekilas, memang tidak ada yang aneh darinya. Namun jika lebih dicermati, ujung tiang listrik itu hampir bersentuhan langsung dengan kabel listrik bertegangan tinggi milik PLN. Tepatnya di bagian panel surya.

Sesuai aturan, jarak ideal dengan jaringan saluran udara tegangan menengah (SUTM) ialah 25 sentimeter. Sementara untuk sisi darat, jarak amannya sekira 2,5 – 5 meter. Dari hasil pengamatan Trie di lapangan, jarak antar tiang itu dengan kabel udara, hanya sekira 3 sentimeter.

“Itu sudah kami anggap nyentuh,” tukasnya.

Celakanya lagi, sambung Trie, arus tegangan jaringan listrik itu cukup tinggi. Ketegangan 20 ribu volt atau 20KV.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button