DaerahPenajam

3 Ribu Warga PPU Ber-KTP Lagi

PPU, nomorsatukaltim.com – Jumlah penduduk Penajam Paser Utara (PPU) dengan cepat bertambah 3 ribu jiwa. Bukan karena angka kelahiran.  Namun karena data kependudukan warga tersebut, diaktifkan lagi oleh Disdukcapil.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) PPU menemukan ada 11 ribu data penduduk yang dinonaktifkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun lalu. Jadi perlu dilakukan pencocokkan dan penelitian atau coklit ulang.

Ada 3 kategori penjelasan ribuan data itu tak aktif. Pertama kategori anomali. Yaitu data seseorang tidak masuk dalam database Dukcapil. Kedua karena belum terdaftar dalam data Dukcapil. Dan yang terakhir adalah memiliki data ganda.

Baca Juga

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten PPU, Suyanto mengatakan ada sekira 3 ribu data kependudukan itu kini sudah diaktifkan kembali. Setelah sepanjang tahun ini dilaksanakan program pembersihan.

“Fungsi dari coklit adalah membersihkan data penduduk yang ganda. Data itu tidak dihapus dan bisa diaktifkan kembali, kecuali yang sudah meninggal,” terangnya, Jumat, 5 November 2021.

Jumlah itu diprediksi masih akan bertambah. Seiring terus dilaksanakannya program ini hingga akhir tahun. Berjalan bersamaan dengan berbagai program Disdukcapil PPU. Utamanya program jemput bola. Para petugas Disdukcapil melakukan pelayanan ke kelurahan/desa.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button