HUT Ke-76 TNI, Warga PPU Sukarela Serahkan Senjata Api

PPU, nomorsatukaltim.com – Peringatan HUT ke-76 TNI di Penajam Paser Utara (PPU) diwarnai berbagai kegiatan. Salah satunya, merilis senjata api yang diserahkan warga kepada Kodim 0913/PPU.

Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho mengungkap tiga pucuk senjata api beserta amunisi dari masyarakat. Senjata tersebut diserahkan secara sukarela sebagai bentuk pembinaan teritorial melalui komunikasi sosial bersama masyarakat.

“Ini sebagai bukti bahwa masyarakat percaya kepada kami selaku aparat keamanan dengan kesadarannya mau menyerahkan senjata api milik kakeknya,” katanya, Selasa (5/10/2021) kepada nomorsatukaltim.com – Disway News Network (DNN).

Baca juga: Kapolri-Panglima TNI Tinjau Vaksinasi di Balikpapan

Senjata api tersebut merupakan senjata lama sisa peninggalan perang dunia pertama. Diserahkan langsung oleh pemiliknya. Senjata api tersebut diakui didapatkan dari peninggalan sang kakek yang sudah lama meninggal dunia.

“Dan dia baru tahu setelah bersih-bersih rumah dan merasa takut setelah menemukan senjata api itu kemudian langsung melapor, dan dengan kesadaran warga tersebut menyerahkan senjata api melalui Danramil Penajam,” bebernya.

Ketiga senjata tersebut, di antaranya pistol revolver USA dengan 2 butir amunisi, senjata api carbine 2 butir amunisi dan senjata api menyerupai AK dengan 33 butir amunisi. Ketiganya bukan senjata rakitan, pasalnya ada nomor registrasi yang semuanya masih berfungsi.

“Kita apresiasi masyarakat yang mau menyerahkan senjata api secara sadar kepada kami, dan mohon maaf kami tidak bisa menyebutkan indentitas masyarakat tersebut karena sebagai jaminan kerahasiaan dan keamanan,” lanjutnya.

Baca juga: Kaltim Jadi Pusat Latihan Tempur TNI-US Army

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, bagi yang masih memiliki senjata api ataupun amunisi untuk diserahkan kepada aparat. Karena memiliki senjata api ada aturannya. Serta juga bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah khususnya PPU.

“Ini sudah kami laporkan secara berjenjang kepada Pangdam VI/Mulawarman dan Danrem 091/ASN selanjutnya akan kami serahkan kepada yang lebih berkompeten bidang senjata atau bagian Peralatan Daerah Militer (Paldam),” pungkas Dharmawan.

Selain rilis senjata api, Kodim 0913/PPU turut menggelar apel HUT Ke-76 TNI. Mengangkat tema Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang. Apel digelar virtual bertempat di Sanggar Wira Kartika Makodim 0913/PPU.

Kegiatan lainnya dalam menyambut hari besar jajarannya ini, pertama menyukseskan vaksinasi COVID-19 sebanyak 500 dosis bersama Kepolisian dan pemerintah. Kedua donor darah, dan ketiga mengunjungi sesepuh veteran yang langsung terlibat pengibaran bendera merah-putih.

Baca juga: TNI dan Tentara Amerika Gelar Latihan Perang di Kukar

Terpisah, Wakil Bupati PPU Hamdam Pongrewa mengapresiasi TNI dalam segala hal. Termasuk dalam penanganan pandemi COVID-19 kali ini.

Ia mengungkapkan, dukungan TNI-POLRI sangat luar biasa. Sehingga PPU dalam situasi dan kondisi kondusif.

“Terima kasih kepada TNI yang memberikan support luar biasa. Alhamdullah PPU sudah masuk PPKM level dua, dan semoga ini terus terjaga baik bersama TNI dan Polri yang telah memberikan banyak manfaat untuk Kabupaten kita. Sekali lagi saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Ke-76 TNI,” kata Hamdam. (rsy/zul)

Leave A Reply