Penajam

Labangka Barat Memilih Anggota BPD, Berikut Hasil Pleno Pemilihan

PPU, nomorsatukaltim.com – Kontestasi pemilihan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Labangka Barat digelar Sabtu (28/8/2021). Karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, panitia penyelenggara menerapkan protokol kesehatan (prokes) di tempat pemungutan suara (TPS).

Desa Labangka Barat merupakan desa kedua yang menggelar pemilihan anggota BPD pada tahun ini. Sebelumnya, Desa Labangka telah terlebih dahulu melaksanakan pemilihan anggota BPD pada Juli lalu.

“2021 ini pemilihan anggota BPD ada dua desa. Pertama, Desa Labangka pada Juli kemarin, kemudian Desa Labangka Barat pada 28 Agustus,” jelas Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Penajam Paser Utara (PPU) Nurbayah.

Warga sebagai pemilih yang hadir wajib memakai masker, sarana cuci tangan dan hand sanitizer pun disiapkan. Tak hanya itu, kapasitas TPS juga dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Saya sudah lakukan monitoring untuk penyelenggaraannya, ke panitia juga sudah saya tegaskan bahwa prokes COVID-19 harus diterapkan secara ketat di TPS,” kata dia.

Selain itu, ada juga perbedaan dalam hal jumlah TPS. Yaitu lebih banyak dari pada biasanya. Hal itu guna meminimalisir kerumunan saat proses pencoblosan. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di TPS satu sebanyak 388 pemilih, TPS dua 487 pemilih, TPS tiga 465 pemilih dan TPS empat 94 pemilih.

“Yang kami beri catatan adalah bagaimana penegakan prokes-nya dalam proses pemilihan. Kemarin sudah kami tekankan ke panitia pemilihan di sana, TPS kalau bisa jangan sedikit untuk mengurangi kerumunan,” tutur Camat Babulu Margono Hadi Susanto.

Pemilihan anggota BPD di Labangka Barat sendiri diikuti oleh lima orang calon dari keterwakilan perempuan. Tujuh orang calon keterwakilan dusun I, tiga orang calon keterwakilan dusun II, dan empat orang calon keterwakilan dusun III. Totalnya ada 19 calon.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button