Penajam

PBI PPU Upayakan Daerah Miliki BUMDes Maju

PPU, nomorsatukaltim.com – Dalam upayanya memajukan usaha desa, Perserikatan BUMDes Indonesia Penajam Paser Utara atau PBI PPU rajin berkonsultasi. Sasarannya ke tenaga teknis Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandiri (P2KPM) setempat. Berdiskusi soal langkah yang perlu diambil demi kemajuan BUMDes.

Ketua II PBI PPU Herly First Ayu Octavera menuturkan, lembaganya sudah menyusun program. Setidaknya yang utama soal rencana aksi menuju BUMDes maju di PPU, yang merupakan rencana kerja dan tindak lanjut (RKTL) dari Program P2KPM PPU Bidang Pengembangan Ekonomi dan BUMDes.

Sehingga PBI Kabupaten PPU tinggal menyesuaikan jadwal untuk semua desa yang tersebar pada empat kecamatan di PPU.

“Banyak yang saya konsultasikan dengan Tenaga Teknis Program P2KPM PPU di Penajam kemarin, di antaranya mengenai rencana aksi menuju Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maju di PPU,” ujar dia, Selasa, (8/6/2021).

Baca Juga

Dia menyebutkan dari empat kecamatan tersebut, agenda ini sudah dilakukan dua kali di Kecamatan Sepaku. Yaitu Desa Semoi II dan Desa Bumi Harapan, yang dihadiri berbagai pengurus BUMDes sekitarnya.

Pertemuan ketiga, lanjut Ayu, panggilan akrabnya, masih difokuskan di Kecamatan Sepaku. Karena masih ada beberapa desa yang belum mendapat penguatan kelembagaan. Salah satunya BUMDes di Desa Sukaraja, Tengin Baru, Bukit Raya, dan BUMDes di Desa Karang Jinawi.

Sedangkan untuk pertemuan keempat dan berikutnya, akan menyasar semua desa di tiga kecamatan lainnya. Yakni Kecamatan Penajam, Waru, dan semua BUMDes di Kecamatan Babulu.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button