Universitas Widya Gama Mahakam
DaerahPenajam

Maret Ini, 30 Desa di PPU Diguyur Miliaran

PPU, Nomorsatukaltim.com – Anggaran desa dipastikan segera mengucur. Ini untuk 30 desa di empat kecamatan di Penajam Paser Utara (PPU).  Alokasinya dari dana desa (DD) dan dari alokasi dana desa (ADD).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, Nurbayah mengatakan, proses pencairan dimulai Maret ini. Namun waktunya berbeda-beda.

“Untuk tanggal pencairan tergantung pada desa masing-masing. Karena mereka harus melengkapi syarat pencairan dulu,” ujar dia, baru-baru ini.

Syaratnya, tiap desa harus melakukan posting draft Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Pada sistem keuangan desa (Siskeudes).

Baca Juga

Ada 5 poin yang harus terlampir jelas dalam postingan itu. Di antaranya berita acara kesepakatan penetapan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Kemudian peraturan kepala desa (Perkades) soal penjabaran APBDes, peraturan desa (Perdes) APBDes. Lalu berita acara asistensi dari kecamatan dan laporan aset Desember 2020 lalu.

Adapun total anggaran yang akan diterima desa-desa itu sebesar Rp 111,805 miliar. Rinciannya DD sekira Rp 38,775 miliar bersumber dari APBN. Dan ADD yang bersumber dari APBD senilai Rp 73,030 milliar.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button