HLPenajam

Dokumen Tak Lengkap, WNA China Bikin Resah Warga PPU

PPU, nomorsatukaltim.com – Keberadaan sejumlah warga negara asing (WNA) asal China membuat resah warga Kabupaten Penajam Paser Utara. Akibatnya, aparat pemerintah setempat turun tangan. Kekhawatiran warga didasarkan kenyataan masih mewabahnya COVID-19.

Apalagi, warga tidak mengetahui tujuan WNA itu di daerah mereka. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) PPU menindaklanjuti laporan warga pada Minggu (14/3/2021).

Disnakertrans mendatangi tempat tinggal mereka di Perumahan Alam Permai, Kecamatan Penajam.

“Karena ada keresahan dari masyarakat, kemudian kami datang dengan Satpol PP, Kesbangpol, Pora, Disnaker, kemudian kita lakukanlah sidak ini,” jelas Kepala Disnakertrans PPU, Suhardi Selasa (16/3/2021).

Baca Juga

“Awalnya kami tidak tahu apakah tenaga kerja atau apa, intinya orang asing, maka kami berkordinasi dengan tim Pora (pengawasan orang asing),” kata Suhardi.

Dari hasil pemeriksaan, belakangan mereka mengaku bekerja di China Petroleum Pipeline Engineering  (CPP). Perusahaan yang beroperasi di Kelurahan Lawe-Lawe.

Suhardi menegaskan, sidak ini bertujuan untuk memastikan laporan masyarakat itu. Untuk mengklarifikasi kebenarannya, pun soal aturan yang berlaku di wilayah ini.

“Visa yang dilaporkan oleh tim, benar mereka gunakan visa kerja. Mereka juga memiliki surat izin tinggal sementara yang elektronik (Sitas) untuk bekerja di Sitas juga disebutkan jabatan jabatan mereka,” terangnya.

Selain itu, mereka juga telah memiliki izin kerja yang dikeluarkan oleh kementrian ketenagakerjaan. Jadi semua aman dan jelas. Tidak menyalahi aturan. Kendati begitu, yang sangat disayangkan ialah keempatnya belum melapor ke Disnakertrans PPU, maupun ke Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) PPU.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button