Penajam

Waspada, Cuaca PPU Ekstrem Sampai April

PENAJAM, nomorsatukaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengimbau masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem, seperti potensi curah hujan tinggi hingga beberapa bulan ke depan.

Kepala Pelaksana BPBD PPU, Marjani menuturkan sejak akhir 2020, iklim menunjukkan potensi yang memungkinkan untuk terjadinya bencana. Hal itu diakibatkan kejadian alam atau cuaca yang ekstrem.

“Berdasarkan BMKG, akumulasi turunnya hujan termasuk kriteria tinggi. Terjadi pada Desember dan Januari ini,” ujarnya, Sabtu (8/1/2021).

Terlebih, dari perkiraan itu hujan intensitas tinggi diperkirakan bisa sampai April. Secara otomatis, potensi bencana juga ada sampai bulan itu.

Baca Juga

“Yang harus kita lakukan ialah hati-hati dan bijak mempersiapkan situasi ini. Terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah perbukitan dan tinggal di kontur tanah yang ekstrem perlu mempersiapkan diri,” jelasnya.

Untuk wilayah yang berpotensi banjir, ia mengingatkan warga berhati-hati terhadap jaringan listrik. Selebihnya ia mengimbau kewaspadaan terhadap daerah rawan longsor. Contohnya 5 Januari lalu. Longsor di wilayah RT 9, kemudian RT 10 dan RT 14, Desa Telemow, Penajam. Yang dipengaruhi intensitas hujan tinggi.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button