DaerahPenajam

Toilet Pasar Petung Sudah Aktif Lagi

PPU, nomorsatukaltim.com – Kondisi toilet di Pasar Petung sudah kembali normal. Usai sebelumnya salah satu toilet di dekat lapak ikan mengalami kerusakan total bertahun-tahun. Tidak diketahui secara persis berapa lama toilet tersebut disfungsi. Pedagang sekitar situ saja sampai lupa. Saking lamanya.

Saat awal dioperasikan tahun 2008 lalu. Pasar Petung sebenarnya membuat 3 toilet di tempat berbeda. Kondisinya bagus walau hanya toilet ala kadarnya. Khas pasar tradisional. Ada petugas tak resmi yang menjaga di dekat kotak kecil. Tempat siapa pun yang menggunakan toilet itu harus membayar sejumlah tarif.

Sesekali petugas toilet ini memeriksa bilik toilet. Memastikan aliran air lancar. Dan toilet tetap dalam keadaan bersih. Kalau bagian lantai penuh tanah dan lubang WC masih berbau. Petugas itu langsung menyiramnya. Membuat toilet kembali layak digunakan.

Tapi entah sejak tahun berapa. Toilet di dekat lapak ikan itu tidak berfungsi. WC mampet. Air tidak mengalir. Banyak sampah berserakan. Berbau pesing. Karena orang yang sudah kadung kebelet, tapi zonk karena toilet disfungsi. Dan tetap buang hajat.

Baca Juga

Berdasar pengkauan pedagang sekitar. Sudah beberapa bulan terakhir toilet tersebut kembali aktif. Dan kini ditulisi ‘WC AKTIF’ menggunakan cat seadanya. Meski ada tiga toilet di pasar yang dikelola swasta ini. Toilet di dekat lapak ikan itu yang paling sering dikunjungi. Karena memang area ikan dan sayur yang paling sering dikunjungi pembeli.

“WC ini sudah bagus. Sudah bisa dipakai,” kata salah satu pedagang ikan laut, Doli, Senin, 14 Desember 2020.

Awak Nomorsatu Kaltim memastikan langsung keberadaan toilet itu saat ini. Ternyata memang sudah berfungsi baik. Ada dua kloset yang bisa digunakan. Yang satu berada di satu ruangan tertutup, dengan pintu. Ukurannya sekira 1,5 meter x 3 meter. Untuk yang satu lagi ini terbuka, tanpa pintu.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button