Paser

Top! Pelanggan Amplang Tenggiri Khas Tanjung Aru Ada Yang Dari Medan

 

Paser, nomorsatukaltim.com – Rasanya gurih dan teksturnya renyah bak kerupuk. Camilan yang satu ini cukup digemari bagi yang suka ngemil. Dikenal sebagai makanan ringan tradisional khas kaltim. Itulah amplang.

Dulu amplang hanya indentik dengan Kota Samarinda. Dan hanya bisa di dapat disana. Namun sekarang beberapa Kota lain di Kaltim juga bisa ditemukan amplang. Salah satunya amplang ikan tenggiri dari Desa Tanjung Aru, Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser.

Amplang ikan tenggiri buatan Heldi ini telah ada sejak 2012 lalu. Untuk menjaga cita rasa, ia tak sembarang pilih ikan. Pokoknya yang masih segar atau baru dibawa oleh nelayan dari melaut.

“Langsung dari nelayan. Kemudian Ikannya dibersihkan. Jadi kalau nelayan nggak dapat ikan, ya saya istirahat lagi.Tidak sembarang ikan saya pilih untuk buat amplang,” kata Heldi, Kamis (30/6/2022).

Jadi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini tidak setiap hari membuat amplang. Semua tergantung pasokan ikan dari nelayan. Karena itu tak jarang sudah ada calon pembeli yang memesan jauh-jauh hari.

Dalam sekali membuat amplang bisa 2 pikul atau sekitar 120 kilogran ikan tenggiri. Dan dijual Rp 11 ribu untuk 1 ons. Sedangkan 1,5 ons dijual Rp 16 ribu. “Kalau sekali produksi bisa 20 kilogram,” sambungnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button