DaerahPaser

Rencana Pembentukan DOB Paser Selatan Kembali Digaungkan

Paser, nomorsatukaltim.com – Calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Paser terus digaungkan. Teranyar dilakukan audiensi dengan Pemkab Paser pada Jumat (25/3/2022). Hasil akhir dari pertemuan yang dilakukan di Kantor Bupati Paser itu, mendorong Pemkab dan Pemprov Kaltim untuk segera melakukan percepatan DOB Paser Selatan.

“Ini dalam rangka momen Proglenas (Program Legislasi Nasional) di DPR RI. Ya kita lihat nanti bagaimana (tindak lanjut pertemuan) akhir Maret atau sampai 5 April nanti,” kata Sekretaris calon DOB Paser Selatan, Arbain Noor, kepada nomorsatukaltim.com – Disway National Network (DNN) usai rapat.

Terkait progres secara nasional dikatakan Arbain, jika dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan telah dilengkapi. Di sisi lain secara nasional saat ini tengah menunggu pengesahan 2 peraturan pemerintah (PP). Yakni turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah.

“Yakni PP Desartada (Desain Besar Penataan Daerah) dan Detada (Desain Penataan Daerah). Tapi untuk Paser Selatan sudah masuk di Proglenas. Tinggal bagaimana peran Pemkab dan Pemprov dalam mendorong DOB untuk segera dilakukan percepatan,” terang Arbain.

Baca Juga

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Setda) Paser, Katsul Wijaya mengatakan, tentu ada perbedaan bagaimana kondisi daerah dengan 10 tahun yang lalu. Ia bilang terdapat beberapa hal yang perlu didukung, seperti persyaratan administrasi, fisik maupun teknis.

“Untuk memenuhi atau memfasilitasi persyaratan-persyaratan tersebut, tentu kami menyesuaikan dengan aturan yang ada,” ucap Katsul Wijaya.

Diungkapkannya sampai saat ini belum terdapat aturan yang dapat dijadikan pedoman secara khusus. Dituturkan Katsul, sebelumnya terdapat PP Nomor 78 tahun 2007 dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, di mana tetap dapat diproses.

“Namun ketentuan lebih lanjut, kami diminta menunggu peraturan pemerintah desain besar penataan daerah dan desain penataan daerah. Aturan itulah sampai saat ini belum ada,” terangnya.

Disinggung mengenai dukungan Pemkab Paser dengan pemekaran ini, apalagi 1 dari 5 kecamatan yang bakal masuk dalam calon DOB Paser Selatan, yakni Kecamatan Batu Sopang. Pasalnya, wilayah itu sangat membantu pendapatan asli daerah (PAD) Paser, khususnya sektor pertambangan.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button