DaerahPaserPenajam

Cuaca Pengaruhi Harga Bumbu Dapur

Komoditas sembako di Kabupaten Paser mengalami kenaikan harga jelang tahun baru 2022. Di antaranya cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Bahan-bahan pelengkap bumbu dapur ini mengalami kenaikan harga, setidaknya tiga hari terakhir ini.

nomorsatukaltim.com – Bawang merah sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram, kini di angka Rp 27 ribu. Bawang putih dari Rp 25 ribu menjadi Rp 28 ribu per kilogram, sedangkan cabai rawit dijual dengan Rp 192 ribu per kilogram, sebelumnya masih Rp 92 ribu.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser, Hairul Saleh, mengatakan, tingginya curah hujan dalam waktu tiga bulan terakhir jadi salah satu faktor kenaikan harga. Mengingat beberapa daerah pemasok di Paser mengalami gagal panen.

Baca Juga
Senam Merah Putih

“Ya petani lombok gagal panen, petani bawang merah dan bawah putih pun banyak yang gagal panen,” kata Hairul Saleh, Selasa (28/12/2021) dikutip dari Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Baca juga: Kurangi Dulu Makan Pedas, Harga Cabai di Kutim Bikin Pangling

Bawang merah dan bawang putih dipasok dari luar daerah, dan terjadi gagal panen serta tingginya ombak laut juga jadi kendala. Ia memprediksi kenaikan harga ini awal atau medio Januari 2022. Dirinya membeberkan, tak menutup kemungkinan dilakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pasar tradisional.

“Akan turun ke Pasar Penyembolum Senaken untuk melihat kestabilan harga,” terang Hairul Saleh.

Sementara salah seorang pedagang di Pasar Penyembolum Senaken, Budiman, menuturkan, naiknya harga cabai, bawang merah, dan bawang putih akibat gagal panen. Kondisi ini pun dikeluhkan petani, karena banyak komoditas yang tak laik.

Terkait pembeli dikatakan Budiman tak mengalami penurunan, malahan dapat dikatakan cukup ramai, setidaknya sejak Natal dan tahun baru (Nataru).

“Ada aja sih pembeli yang mengeluh dan menanyakan kenaikan harga,” singkat Budiman.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button