Universitas Widya Gama Mahakam
DaerahKubar

Belum Ada Rapid Tes Gratis di RSUD Kubar, Ini Penjelasannya

Koordinator Tim Humas RSUD HIS, dr Eri Sarudin. (Imran/Disway Kaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Ternyata Pasal 34 Ayat (1) UUD 1945 yang  mempunyai makna bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Belum bisa sepenuhnya dilaksanakan di Indonesia.

Buktinya, pada masa pandemi COVID-19  ini. Di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), belum ada pelaksanaan rapid test atau swab test secara gratis bagi masyarakat yang seharusnya disiapkan pemerintah. Melalui rumah sakit pemerintah.

Baca Juga

Padahal sangat banyak warga yang mulai cemas dengan meningkatnya kasus positif corona. Cemas bila sedang terserang flu dan batuk. Takut terjadi apa-apa.

“Kalau ada rapid tes gratis kami ingin sekali mengikutinya,” kata Hermansyah (37). Warga Kampung Long Iram Ilir pada Disway Kaltim, Selasa (18/8/2020).

Hal senada diungkapkan Dodo (49) warga Kampung Linggang Bigung. Empat bulan terakhir, rasa was-was dengan pandemi semakin besar. Mau periksakan diri, terkendala biaya. Pria beranak 3 itu berhitung. Jika serumah 5 orang, biaya rapid pastilah lumayan juga untuk pedagang klontongan sepertinya.

“Kalau ada tes COVID-19 gratis dari pemerintah, pasti kami mau tes, Pak. Kalau rumah sakit swasta tidak sanggup kami bayar. Uang dari mana?” keluhnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button