Daerah

Desa di Kecamatan Sepaku Penajam Langganan Banjir

Penajam, DiswayKaltim.com – Curah hujan tinggi kerap berdampak banjir di beberapa desa di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Setidaknya di tiga desa yakni Desa Sukaraja, Desa Tengin Baru dan Desa Karang Jinawi.

Seperti pula hujan yang berlangsung hingga hampir satu hari, Sabtu (6/7) lalu, turut mengakibatkan banjir di beberapa titik di Desa Sukaraja.

Kepala Desa Sukaraja Rizky Maulana menuturkan, banjir tersebut merupakan hal rutin terjadi. “Bukan sempat, tapi langganan. Mulai dari zaman 3 kades sebelumnya sudah banjir. Kalau Sepaku, zaman kami masih kecil pun sudah banjir,” terangnya, Minggu (7/6) kemarin.

Baca Juga

Adapun, saat ini kondisi sudah surut, normal seperti biasa. Kata dia, biasanya genangan air saat banjir mengikuti pasang surut air laut.

“Biasanya tinggi muka air (TMA) 20 sampai 45 sentimeter,” ucapnya.

Kondisi banjir di sekitar permukiman warga di Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku, PPU. Sabtu (6/7/2020).

Untuk di Desa Sukaraja, langganan banjir terjadi di beberapa titik. Rizky menyebutkan, banjir rutin terjadi di RT 22, perbatasan Sukaraja dan Desa Tengin Baru dan di RT 24 serta 25.

Dari hasil identifikasi pihaknya, penyebabnya jelas karena curah hujan tinggi dan berlangsung lama. Lalu, terjadi penyempitan alir sungai ditambah gorong-gorong di RT 22. Alur yang menjadi perlintasan air mengecil mengakibatkan air meluber.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button