Daerah

Sedang Disidik KPK, Dokumen Proyek Jembatan Ini Hilang?

Kepala Dinas PUPR Kutai Barat Philip menunjukkan dokumen proyek ATJ yang diisukan hilang. (Ichal Disway Kaltim)

Kubar, DiswayKaltim.com – Proyek Jembatan Aji Tullur Jejangkat (ATJ) sudah mangkrak sejak pertengahan Mei 2016. Proyek ini dikerjakan dengan sistem tahun jamak atau multi years contract (MYC).

Proyek tersebut digagas untuk menghubungkan Kecamatan Mook Manaar Bulatn dan kampung di seberang Kecamatan Melak Kutai Barat (Kubar).

Baca Juga

Selain itu, jembatan ini akan menghubungkan Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Samarinda serta kota lainnya. Tujuan lain, Jembatan ATJ dibangun untuk mempermudah akses dari kecamatan dan kampung menuju ibu kota Kubar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kubar Philip menanggapi pemeriksaan sejumlah saksi yang terlibat dalam proyek Jembatan ATJ. Ia menyebut, penganggaran proyek Jembatan ATJ dilakukan pada akhir 2012 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubar.

Kemudian proyek tersebut dikerjakan pada April 2013. Proyek itu disetop pada pertengahan Mei 2016. Artinya, proyek tersebut sempat dikerjakan sekira tiga setengah tahun.

Philip menjelaskan, proyek terhenti karena kekurangan anggaran. Pengerjaannya sudah 71 persen. Pemkab pun telah membayar Rp 286 miliar kepada manajemen PT Waskita Karya. Dibayar sesuai progres pengerjaan.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button