Pilkades Serentak di Mahulu Digelar Besok, Personel Polisi Diberangkatkan

MAHULU, nomorsatukaltim.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Mahulu akan berlangsung besok (13/10/2021). Sebanyak 30 personel Polres Kubar diberangkatkan, kemudian disebar ke-28 kampung se-Mahulu yang mengadakan pesta demokrasi itu.

Sebelum berangkat, mereka melakukan apel persiapan pengamanan Pilkades di Mapolsek Long Bagun, Mahulu, Senin (11/10/2021).

Kasubag Dalops Bagops Polres Kubar, Iptu Iriyanto memberi arahan usai apel, kepada seluruh personel yang akan disebar. Nantinya, mereka melakukan pengamanan saat Pilkades. 

Baca juga: Pilkades Serentak Mahulu Ingat Prokes

“Bagi yang berangkat lebih dulu, berangkat hari ini (kemarin, Red.) untuk yang di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari menggunakan speed boat, utamakan keselamatan, gunakan life jacket selama di perjalanan,” imbuh Iriyanto, dikutip dari Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Imbauan menjaga keselamatan dalam perjalanan menuju dua kecamatan terujung di Mahulu penting dilakukan. Sebab dalam rute perjalanannya, harus melewati beberapa arus riam dan menempuh 4-5 Jam perjalanan.

Iriyanto juga mengimbau agar setibanya di sana tetap menjaga sikap dan nama baik kepolisian. Demi keselamatan anggota yang akan berangkat, dia juga meminta anggotanya untuk over protective kepada motoris speed boat yang membawa logistik kotak suara.

“Harus agak rewel sedikit sama motoris, demi menjaga keselamatan ketika melewati riam, catat nama-nama motorisnya, foto SIM atau KTP-nya, gak usah terlalu laju, yang terpenting selamat hingga tujuan dan logistik kotak suara yang akan didistribusikan,” pintanya.

Dari 30 personel Polres Kubar, ada sepuluh yang bertugas mengawal pendistribusian kotak suara dan pengamanan Pilkades di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari. Masing-masing kecamatan diisi oleh 5 personel.

Sementara itu, tujuh kampung di Kecamatan Long Pahangai yang menggelar Pilkades serentak adalah, Kampung Delang Kerohong, Long Pakaq, Long Lunuk, Long Isun, Naha Aru, Lirung Ubing, dan Long Pahangai I.

Sedangkan empat kampung di Kecamatan Long Apari, yakni Kampung Noha Tivab, Tiong Bu’u, Long Pananeh I, dan Long Pananeh II. (rdi/zul)

Leave A Reply