Kutim

Dibangun Pakai APBN, Akses Jalan Pelabuhan Kenyamukan Didahulukan

KUTIM, nomorsatukaltim.com – Tahun depan kelanjutan pembangunan Pelabuhan Kenyamukan di Kutai Timur  (Kutim) mulai digeber. Sokongan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pun akan turun membantu infrastruktur prioritas tersebut. Akses jalan yang akan didahulukan untuk dikerjakan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membangun akses jalan menuju pelabuhan. Hal ini dipastikan usai kunjungan kerja Komisi V DPR RI bersama dengan mitra kerjanya ke Kutim, Senin (20/12/2021) lalu. Biaya yang akan dikucurkan untuk bangun jalan dan causeway di Pelabuhan Kenyamukan itu mencapai Rp 275 miliar.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Irwan Aras mengatakan, terkait dengan akses jalan pelabuhan tersebut sudah dibicarakan dengan Kementerian PUPR. Melalui Balai Besar Jalan Nasional akan membangun akses jalan sepanjang 1,5 kilometer tersebut.

Baca Juga

Baca juga: Komisi V DPR RI Datang ke Kutim, Bupati Adukan Jalan hingga Bandara

“Mudah-mudahan tahun depan bisa direalisasikan. Hingga infrastruktur ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Irwan Aras kepada Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Ia menilai, pembangunan pelabuhan ini jadi pilihan strategis di Kutim. Selain jadi tambahan moda transportasi, juga dapat mengurangi beban distribusi barang. Sehingga harga yang didapat warga pun bisa lebih rendah.

“Selain itu, juga akan memengaruhi beban jalan. Karena adanya pelabuhan akan mengurangi beban angkutan yang selalu lewat darat. Kondisi jalan pun tidak mudah rusak,” urainya.

Terkait masukan lain dari Pemkab Kutim, ia memastikan bakal coba mengakomodir seluruh kebutuhan infrastruktur. Apalagi sebagian besar dari apa yang disampaikan sebenarnya sudah masuk dalam program Kementerian PUPR.

1 2Laman berikutnya

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button