Kutim

Pemkab Kutim Kaji Lokasi Bandara Baru

KUTIM, nomorsatukaltim.com – Selain pelabuhan, Kutai Timur (Kutim) juga membutuhkan bandara untuk membuka akses transportasi udara. Namun wacana baru dilempar Pemkab Kutim dengan memilih Kecamatan Bengalon sebagai lokasi bandara.

Diketahui sebelumnya, Pemkab Kutim getol untuk membuka Bandara Sangkima. Eks lapangan terbang milik Pertamina EP Sangatta di Desa Sangkima, Sangatta Selatan. Hanya saja upaya itu terganjal dengan enclave Taman Nasional Kutai (TNK) yang harus dibuka. Proses izin yang rumit dan berbelit tampaknya membuat pemkab banting stir.

Belum lagi upaya untuk alih fungsi lahan menjadi milik pemerintah juga sama sulitnya. Pilihannya kini jatuh ke Kecamatan Bengalon. Dikabarkan di sana juga ada bandara eks perusahaan kayu. Pemkab Kutim pun berencana untuk memakai lokasi tersebut menjadi bandara komersil penumpang.

Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman mengatakan, pertimbangan pertama terkait dengan letak Bengalon yang dinilai cukup strategis. Berada di tengah-tengah Kutim, sehingga bisa diakses warga dari belahan kecamatan manapun.

“Saat saya lihat ternyata letaknya cukup pas di tengah-tengah Kutim. Jadi mudah untuk diakses warga,” ucap Ardiansyah dikutip dari Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Ia meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim dapat mengkaji lokasi yang dimaksud. Hingga dapat dilihat apakah lokasi tersebut layak untuk dijadikan bandara komersil. Sehingga ada penjelasan teknis yang nantinya dapat jadi dasar perencanaan pembangunan bandara.

“Dari kajian itu nantinya dapat kami kembangkan terkait kajian lanjutannya,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button