Kutim

Kebutuhan Pangan di Kutim Masih dari Luar Daerah

KUTIM, nomorsatukaltim.com – Kebutuhan pangan di Kutai Timur (Kutim) ternyata masih mengandalkan pasokan dari luar daerah. Persoalan ini jadi perhatian serius yang tak bisa disepelekan. Sebab bisa saja sewaktu-waktu terjadi kelangkaan bahan pokok.

Kondisi itu akan terus menghantui, sebab ketersediaan barang jadi tergantung dengan pasokan yang datang. Akhirnya proses distribusi barang pun sangat mempengaruhi harga di pasaran. Belum lagi, pada momen tertentu daya beli masyarakat akan meningkat. Seperti saat hari besar keagamaan dan tahun baru.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, M Zaini mengatakan, sejauh ini pihaknya hanya rutin melakukan pendataan ketersediaan bahan pokok. Sehingga jika ada bahan pokok yang langka, mudah dilacak penyebabnya.

Baca Juga

Baca juga: 30 Desa Rawan Ketahanan Pangan di Paser

“Jika terkendala masalah distribusi atau memang stok yang menipis dari daerah asal bisa dicarikan alternatif lainnya,” ucap Zaini dikutip dari Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Pemantauan juga berguna untuk melihat daya beli masyarakat terhadap suatu barang. Sebab hal itu juga memicu terjadinya kelangkaan barang. Maka dapat diambil langkah antisipasinya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button