Kutim

Terkait Mutasi Kendaraan Luar Daerah, Samsat Kutim: Tidak Memaksa, Tapi Berharap

Iklan Ucapan Selamat Rektor Unmul

KUTIM, nomorsatukaltim.com – Wacana memutasi pelat kendaraan luar daerah di Kutai Timur (Kutim) terus bergulir. UPTD Pengumpulan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Samsat Wilayah Kutim siap melakukan hal tersebut. Hanya saja, Samsat tidak memiliki wewenang terhadap wajib pajak untuk memutasi pelat luar daerah itu.

Kepala UPTD PPRD Samsat Wilayah Kutim, Novia Haswaty mengatakan, Bea Balik Nama (BBN) untuk kendaraan luar daerah memang tidak bisa dipaksakan. Sebab kendaraan ini kerap berpindah-pindah posisi atau kepemilikan.

“Kecuali pemilik memang berdomisili di daerah tersebut. Tentu akan lebih mudah jika melakukan mutasi,” ucap Novia.

Mengingat kendaraan industri ini sifatnya kendaraan umum, bukan milik pribadi. Hal itu yang jadi alasan sulitnya memutasi kendaraan dengan pelat luar daerah.

Baca Juga

Sehingga untuk kendaraan yang dimiliki perusahaan akan sulit. Sebab bisa saja kendaraan tersebut berpindah ke wilayah lain. Sesuai dengan kebutuhan operasi perusahaan.

“Tapi kalau memang itu dilakukan tentu lebih bagus. Silakan saja mengurus BBN-nya, kami di Kutim siap melakukan itu,” katanya.

Ia menjelaskan, biaya BBN kendaraan luar daerah itu nilainya bervariasi. Tidak bisa dipatok pasti nilainya. Sehingga sulit untuk memprediksi angka pendapatan daerah. Lantaran, biaya yang dikenakan disesuaikan dengan harga jual kendaraan tersebut.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button