Universitas Widya Gama Mahakam
DaerahKukar

Kata Akademisi terkait Rehab Rumjab Bupati Kukar, Purwadi: Lebih Baik Perbaiki Jalan

Kukar, nomorsatukaltim.com – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan rehab interior rumah jabatan (rumjab) Bupati Kukar di Pendopo Odah Etam senilai Rp 2 miliar lebih, mendapat tanggapan keras dari Pengamat Ekonomi, Pembangunan dan Tata kota, Purwadi.

Ia menilai, semua prilaku pejabat atau kepala daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) itu sama. Hanya beda-beda tipis saja. Situasi seperti ini harusnya ada perubahan. Kenapa hal (proyek) yang tidak sepenting itu tidak ditunda atau digeser ke yang lebih penting.

“Kukar sendiri APBD-nya lebih besar, paling gede dan bagi hasilnya paling gede juga,” kata dosen FEB Unmul itu.

“Tapi kemiskinan di Kukar juga paling gede. Sebagai kabupaten terkaya di Indonesia malu-lah,” tambah Purwadi.

Baca Juga

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim tanggal 17 Januari 2022. Jumlah kemiskinan di Kukar yang tertinggi di Kaltim. Mencapai 62,36 persen.
“Syukur-syukur bisa zero angka kemiskinan itu. Kalau bicaranya enggak punya uang, buktinya ada banyak,” bebernya.

Apalagi saat ini periode kepemimpinan sudah berganti. Namun situasinya tidak juga ikut berubah. “Nah ini perlu sebuah perubahan yang sedikit spektakuler dan agresif lah. Bikin sesuatu yang gebrak, karena di Kukar ini belum ada gebrakan sama sekali,” katanya.

Bahkan sempat ada tukang ojek di Tenggarong melakukan tambal jalan dari dana swadaya sesama tukang ojek. Menurut Purwadi, itu sangat memalukan bagi pemerintah di Kukar. Karena hal sekecil itu, harus masyarakat yang turun tangan.

Kemudian lanjutnya, Purwadi pun berdoa semoga jelang akhir jabatan banyak proyek dadakan, asal bisa dibagi-bagi. Dengan tujuan tidak silfa.

“Harusnya semua pembangunan atau proyek itu terencana dan terukur. Serta prioritaskan yang utama. Seperti pembangunan yang menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” ungkap Purwadi.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button