Kukar

Museum Muara Kaman Dikelola Kecamatan

Pengelolaan Museum Muara Kaman menemui titik terang. Cagar budaya atau museum yang dikelola pemerintah sejak 2017 lalu akan berpindah pengelola.

nomorsatukaltim.com – Museum yang terletak di di Desa Muara Kaman Ulu, Kecamatan Muara Kaman ini sebelumnya dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar). Kecamatan Muara Kaman akan mengambil alih pengelolaan, kemudian diserahkan ke Desa Muara Kaman Ulu, ketika memang sudah siap.

“Sebelum desa (Muara Kaman Ulu) siap, kita dulu lah yang sementara mengelolanya,” ujar Camat Muara Kaman, Surya Agus pada Harian Disway Kaltim – Disway News Network (DNN).

Baca Juga

Surya Agus mengatakan, pindahnya pengelolaan dari Disdikbud Kukar ke Kecamatan Muara Kaman setelah adanya desakan atau permintaan dari masyarakat Desa Muara Kaman Ulu sendiri. Hal ini agar pengelolaannya lebih maksimal lagi, dibanding ketika masih dalam kewenangan Disdikbud. Maka dari itulah, timbul keinginan pengelolaan tersebut diambil alih.

Baca juga: Mau Masuk Museum Mulawarman, Wajib vaksin

Surya Agus pun berbicara terkait potensi pendapatan untuk desa saat kecamatan mengambil peran pengelolaannya tersebut. Karena sejauh ini, tidak ada pengelolaan retribusi tiket masuk, pun retribusi tempat parkir hingga proteksi pengunjung masuk pun tidak ada.

“Kalau dikelola pasti menguntungkan, terlebih menjadi destinasi wisata religi umat Hindu, masa tidak dikelola dengan baik,” lanjutnya lagi.

Sejauh ini, diketahuinya anggaran yang dikucurkan hanya sebatas pemeliharaan saja. Dengan harapan dikelola oleh kecamatan ataupun desa, pengelolaan lebih baik lagi, hingga pemeliharaannya bisa lebih baik dibanding saat ini.

Sementara itu, Kasi Pembinaan Pelestarian Cagar Budaya dan Museum Disdikbud Kukar, Aji Deri mengatakan, pengelolaan museum ini diambil alih oleh Disdikbud Kukar sejak 2017 dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar. Awalnya dibangun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button