Kukar

Perbaikan Jalan Samarinda-Bontang Telan Rp 227 M, BBPJN Tagih Janji Konsesi Tambang

Kukar, nomorsatukaltim.com – Akhirnya, Jalan Samarinda-Bontang mendapat perbaikan. Tepatnya dari ruas Lempake, Samarinda Utara, hingga Simpang Muara Badak, Kukar.

Dari ruas jalan sepanjang 52 kilometer yang jadi perhatian Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XII Balikpapan, 23 kilometer di antaranya yang akan dibenahi.

Salah satu ruas terparah di Jalan Samarinda-Bontang itu, yakni di Desa Tanah Datar, Muara Badak akan menjadi prioritas. Hal ini dijelaskan PPK 2.1 PJN Wilayah II Kaltim, Teuku Surya Dharma.

Senam Merah Putih

Baca juga: Begini Kondisi Jalan Samarinda-Bontang yang Kerap Dikeluhkan Itu

Katanya, BBPJN Wilayah XII Balikpapan yang langsung mengerjakan perbaikan ruas jalan Samarinda-Bontang itu. Pengerjaannya sudah dimulai sejak Juni 2021 lalu.

Karena kondisi kerusakan di Desa Tanah Datar cukup parah, maka fokus perbaikan diutamakan di sana terlebih dahulu. Sedangkan jalan di Lempake sembari berjalan.

Pengerjaan di Desa Tanah Datar berfokus pada pengerjaan galian saluran drainase dan saluran air permanen. Sehingga kondisi banjir yang kerap terjadi, dapat tertangani sementara, agar kerusakan di jalan tersebut tidak bertambah besar.

“Yang kita lakukan sekarang tahun ini, adalah pengaliran airnya serta saluran permanen,” jelas Teuku pada nomorsatukaltim.com-Disway News Network (DNN).

Baca juga: Jalan Poros Samarinda-Bontang Banyak Lubang, Makin Tak Nyaman Dilintasi

Teuku pun mengatakan, proyek perbaikan jalan yang diperbaiki ini pun bervariasi. Kerusakan ada yang terjadi berupa titik-titik atau spot. Juga ada yang kerusakan penuh sepanjang jalan.

Jika di Lempake hingga SPBU dan Bandara APT Pranoto Samarinda kerusakannya berupa titik-titik. Sedangkan jalan dari simpang bandara hingga simpang Muara Badak menyeluruh, alias rusak total.

Berbeda halnya saat proses perencanaan perbaikan. Kondisi jalan Bandara APT Pranoto menuju simpang Muara Badak terbilang masih bagus, kerusakan hanya terjadi berupa titik-titik saja.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button