Menengok Lomba 17 Agustusan Ala Pasien COVID-19 di Kukar

Kukar, nomorsatukaltim.com – Imun jadi kunci utama penyembuhan saat terpapar COVID-19. Tentunya selain treatment pengobatan dari tenaga kesehatan (nakes).

Berbagai cara diketahui menaikkan imunitas di dalam tubuh. Seperti berpikir positif, beribadah, berolahraga, hingga melakukan hal-hal positif lainnya yang mengundang kebahagiaan.

Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia, keseruan pun tercipta dengan menggelar lomba 17 Agustusan.

Memanfaatkan luasan RS Darurat COVID-19 (RSCD) Wisma Atlet Kukar. Kebanyakan pasien yang memang memiliki gejala ringan ataupun tidak bergejala pun menggelar berbagai lomba.

Seperti balap karung, dan balap karung. Baru sebatas dua lomba itu saja. Karena memang sekedar ide “dadakan”, juga memang minimnya bahan untuk perlombaan.

Namun rencana juga bakal ada lomba lainnya. Seperti lomba membawa kelereng menggunakan sendok hingga lomba joget balon.

Peserta pun tidak terbatas. Yang mau ikut, dipersilakan. Dari yang anak-anak hingga orang dewasa. Tidak mengenal usia.

Namanya juga senang-senang, dan menghabiskan waktu selama karantina. Setidaknya menghilangkan kejenuhan, dari aktivitas olahraga pagi dan sore hari.

“Untuk ini sih ide pasien saja, biar naikan imun, jadi bikin acara sederhana saja,” ujar salah satu pasien yang menghuni RSCD Wisma Atlet Kukar, Rabu (18/8/2021).

Karena kegiatannya terbilang sangat sederhana, hadiahnya pun dikumpulkan secara swadaya. Mulai dari makanan ringan hingga uang tunai.

Ada yang patungan mengumpulkan makanan ringan. Begitupun ada yang menyumbangkan sedikit uangnya sebagai hadiah untuk pemenang lomba.

“Hadiahnya makanan sama uang, hasil sumbangan dari pasien di sini. Rencana tadi ada lagi sumbangan makanan dari barak lain masih ada,” lanjutnya lagi.

Antusiasme pasien mengadakan lomba itupun dibenarkan oleh Kepala Ruang RSDC Wisma Atlet Kukar, Khaleedha Marissa.

Bahkan rencananya akan mengadakan upacara Hari Kemerdekaan Ke-76 RI di halaman RSDC Wisma Atlet Kukar.

Seperti tahun sebelumnya, para nakes menggunakan baju hazmat lengkap. Bedanya, kali ini rencananya akan mengikutsertakan para pasien yang dirawat.

Tentunya dengan protokol kesehatan ketat ala COVID-19. Namun agenda ini batal karena kondisi hujan.

“Sudah sempat menginfokan ke pasien dan mereka juga antusias. Sebenarnya pasien di sini sangat antusias sekali dengan HUT RI ini walaupun sedang dirawat,” ungkapnya.

Inipun memang menjadi kegiatan positif bagi semua pasien. Terlebih sebagai upaya peningkatan imunitas yang mereka miliki. Karena kunci terlepas dari COVID-19 ialah imun yang kuat dan perawatan yang tepat.

Diketahui total pasien COVID-19 di RSDC Wisma Atlet Kukar, pertanggal 17 Agustus 2021, mencapai 211 pasien.

Dengan rincian 145 pasien gejala ringan non-observasi, 34 pasien gejala ringan dengan observasi, dan 32 pasien dengan gejala sedang. (mrf/zul)

Leave A Reply