Universitas Widya Gama Mahakam
Kukar

Lurah Sangasanga Dalam: Banjir Akibat Drainase dan Minimnya Reklamasi Tambang

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pasca banjir yang melanda dua kelurahan di Kecamatan Sangasanga, yakni Kelurahan Sangasanga Dalam dan Kelurahan Jawa, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait langsung melakukan tinjauan di lapangan, Jumat (21/5/2021). Untuk mengetahui penyebab utama banjir dan melakukan mitigasi dan penanganan lanjutan.

Lurah Sangasanga Dalam, Muliadi Sugiansyah menjelaskan, berdasarkan hasil tinjauan tersebut, beberapa poin keputusan pun dirangkum dalam berita acara. Yakni membuat perencanaan untuk penanggulangan banjir dan longsor ke depan. Di samping meminta sinergi perusahaan yang ada di sana untuk turut membantu.

Normalisasi drainase pun langsung dikebut. Sejak kunjungan OPD terkait ke dua kelurahan tadi, pada Jumat (21/5/2021) lalu. Membersihkan endapan tanah atau lumpur yang mencapai 1 meter. Tentu sangat mengganggu aliran air ketika hujan turun dengan intensitas yang tinggi.

“Untuk pertama melakukan pengerukan material, langkah cepat yang bisa dilaksanakan, dan perusahaan turut membantu,” ujar Muliadi pada Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga

Selanjutnya, Muliadi juga mengatakan hasil rapat tersebut memutuskan akan membuat master plan untuk membuat saluran drainase baru. Dengan melakukan beberapa pembongkaran jalan. Di samping memperbaiki gorong-gorong yang dikira sudah tidak layak untuk menampung atau menyalurkan debit air ketika hujan deras.

Pembuatan gorong-gorong tersebut diperkirakan terealisasi sekitar Agustus-September 2021 mendatang. Program ini masuk dalam prioritas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2020 lalu. Dikarenakan banjir yang kerap terjadi sejak 7-8 tahun silam.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button