Universitas Widya Gama Mahakam
Kukar

Pemkab Kukar Ingin Peningkatan Sektor Pertanian Dibantu DAK

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melihat potensi besar pada sektor pertanian. Dan terus mengembangkan sektor penting ini. Merumuskan kebijakan yang mendorong dalam hal peningkatan panen di Kukar.

Ya, Pemkab Kukar memang sedang kejar target. Mengupayakan sektor pertanian yang selama ini hanya mampu dua kali panen, bakal disulap jadi tiga kali panen dalam setahun. Tentu ini bukan pekerjaan mudah.

Upaya yang dilakukan pun diantaranya dengan memperbaiki infrastruktur di sektor pertanian, jalan usaha taninya, hingga perbaikan sistem irigasi yang mengaliri persawahan di Kukar.

Bahkan Pemkab Kukar berencana membangun 120 embung air. Untuk menunjang sistem irigasi persawahan Kukar. Eks lubang tambang pun jadi sasaran pemerintah untuk disulap jadi embung air. Tentu dengan pembangunan fasilitas infrastruktur penunjangnya.

Baca Juga

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono menjelaskan, jika pemkab berharap adanya bantuan dari anggaran pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Dalam bentuk skema Dana Alokasi Khusus. Agar percepatan pembangunan sistem irigasi segera rampung sepenuhnya.

“Ya kita upayakan ada percepatan bantuan dari anggaran dari pusat atau provinsi,” ujar Sunggono dihubungi Harian Disway Kaltim, Selasa (30/3/2021).

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button