Kubar

Banyak Aset Mubazir Milik Pemkab Kubar, Siapa Kelola?

Kubar, nomorsatukaltim.com – Pekerjaan rumah (PR) Pemkab Kutai Barat (Kubar) seakan tak ada habisnya. Kali ini, persoalan pengelolaan aset yang masih carut-marut. Terkesan mubazir, tak terurus dan terbengkalai.

Tengok saja Gedung Olah Raga (GOR) Desnan Sendawar yang berada di Jl. Sendawar Raya Kecamatan Barong Tongkok, Stadion Swalas Gunaaq, Sirkuit Balapan Lanay Jaya di Kampung Linggang Bigung dan lapangan tembak di Kompleks Perkantoran Bupati.

Keberadaan fasilitas olahraga di Bumi Tanaa Purai Ngeriman itu menuai kritikan dari masyarakat karena dibiarkan rusak. Sampai kini dinas terkait belum juga melakukan perbaikan.

Pantauan nomorsatukaltim.com – Disway National Network (DNN) dua tahun terakhir, kondisi bangunan kian memprihatinkan. Bahkan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar, Gamas Laden tak membantah masih banyak aset Pemkab Kubar yang tak terurus.

“Kami (Dispora) masih mengupayakan berdirinya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang mengelola dan merawat sejumlah fasilitas tersebut,” ucap Gamas saat dikonfirmasi media ini.

Sejatinya, kata Gamas, beberapa aset tersebut kondisinya dahulu tak seperti sekarang (terbengkalai), sebab sering digunakan. Sekarang  justru hampir tidak terawat dan jarang digunakan untuk kegiatan olahraga.

“Ya karena tidak sepenuhnya ditangani oleh Dispora, kami perlu UPTD. Sehingga beberapa gedung dan fasilitas olahraga di Kubar ini bisa terkelola dengan baik,” cetusnya.

Kendati begitu, ia menaruh harapan terealisasi UPTD pada 2022 ini. Sehingga tidak harus menunggu sampai beberapa gedung dan fasilitas olahraga ini, menjadi tidak layak untuk digunakan.

Ia mencontoh, salah satu aset terbengkalai Gor Desnan. “Benar memang ada beberapa bagian di dalamnya dirusak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena tidak ada pengawasan, perawatan dan pengelolaan. Kita tidak ingin ini terus berlarut-larut,” bebernya.

“Nah, kalau sudah ada UPTD, diharapkan bisa berinovasi untuk membuat gedung ini bermanfaat. Itu kan ruangannya ada banyak, bisa disewakan sebagai tempat alat fitnes ataupun kegiatan olahraga lainnya,” harapnya. (luk/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button