Kodim 0912 Kubar Salurkan Bantuan Tunai ke Pelaku Usaha

Kubar, Nomorsatukaltim.com – Kodim 0912/KBR ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Bantuan tersebut sesuai program dari Pemerintah Pusat dan diinstruksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

“Ini merupakan bantuan dari Presiden RI, Joko Widodo dan Kodim 0912/KBR ditunjuk untuk menyalurkan bantuan dari program Pemerintah Pusat tersebut,” kata Dandim 0912/KBR, Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo saat penyaluran secara simbolis kepada 51 pelaku usaha di Makodim 0912/KBR pada Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Kodim 0912 Kubar Lakukan TMMD di Long Hubung

Diterangkannya, penerima BTPKLW yakni sebanyak 799 pelaku usaha kecil menengah dengan besaran nilai sebanyak Rp 1.2 juta per-PKL dan warung. Serta bantuan ini dikhususkan bagi daerah yang pernah atau sedang melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

“Diperuntukkan bagi daerah yang pernah berada di PPKM level 4, khususnya Kubar. Program BTPKLW ini menyasar pelaku usaha yang terdampak akibat pandemi untuk dapat mengembangkan kembali usaha yang digeluti selama ini serta meningkatkan kembali roda perekonomian,” jelasnya.

Penyaluran bantuan tersebut akan diupayakan bisa terlaksana hingga akhir bulan Oktober 2021. Sebab, bantuan ini juga menyasar kepada pelaku usaha di seluruh kecamatan yang ada di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.

Serta tidak untuk Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), karena kemarin hanya berada di PPKM level 3. Walaupun secara kewilayahan, Mahulu masih menjadi tanggung jawab dari Kodim 0912/KBR.

“Kodim 0912/KBR akan menyelesaikan semua penyaluran bantuan kepada masyarakat yang sudah didata sebelumnya. Kita upayakan sebelum bulan Oktober ini berakhir, karena letak geografis Kubar juga cukup sulit. Namun, para penerima bantuan ini tidak akan dikenai pemotongan atau biaya tambahan. Tetap sesuai nilai yang seharusnya mereka dapatkan,” tegasnya.

Beberapa pelaku usaha yang diwawancara nomorsatukaltim.com – Disway News Network (DNN) pun berterima kasih atas bantuan yang mereka terima ini. Sebab, selama pandemi COVID-19, seluruh kegiatan usaha mereka sangat terganggu dan mengalami kemerosotan. Terlebih saat penerapan PPKM level 4 beberapa waktu lalu.

“Syukur alhamdulillah atas bantuan ini. Terima kasih Bapak Jokowi, terima kasih juga untuk bapak Kodim yang menyalurkannya. Bantuan ini bisa saya gunakan sebagai modal lagi,” kata Muhammad Muklis yang kesehariannya sebagai pedagang sayur.

Begitu juga dengan pelaku usaha lainnya seperti warung makan milik Ibu Jumiati. Selama pandemi COVID-19 juga merasakan hal yang serupa dengan pedagang lainnya. Bahkan dalam sehari, modal yang sudah dikeluarkan terkadang tidak dapat tertutupi dengan pendapatan hari itu.

“Sepi dek, untung-untungan kalau bisa tutupi modal sewaktu PPKM level 4 kemarin. Kalau sekarang sudah di level 3, ya sudah mulai ada walaupun modal belum tertutupi semuanya. Oleh karenanya saya sangat terima kasih sekali dengan bantuan ini, bisa digunakan untuk modal usaha kembali. Terima kasih pak Jokowi, terima kasih Kodim 0912/KBR,” tutupnya. (luk/zul)

Leave A Reply