HLKubar

Kasasi Ditolak, Mantan Kadiskes Kubar Jalani Hukuman

Iklan Ucapan Selamat Rektor Unmul

KUBAR, nomorsatukaltim.com – Berakhir sudah upaya hukum Zulkarnain. Pengajuan kasasi terkait kasus tindak pidana korupsi (tipikor) di Dinas Kesehatan (Diskes) Kubar tahun anggaran (TA) 2008 itu ditolak Mahkamah Agung (MA). Mantan Kadiskes Kubar itu pun ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kubar, dan segera dibawa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tenggarong untuk menjalani masa hukuman.

“Penahanan dilakukan sesuai salinan surat putusan Mahkamah Agung tingkat kasasi bernomor 814 K/Pid.Sus/2015 yang diputus pada 25 Februari 2016. Kejari Kubar menerimanya pada 20 Desember 2020,” beber Kasi Intel Kejari Kubar, Ricki Rionart Panggabean dalam konferensi pers didampingi Kasi Datun, Muhammad Hari dan JPU Angga, di Sendawar, Rabu (13/1/2021).

Salinan putusan MA tingkat kasasi menjelaskan, terdakwa melakukan penyalahgunaan wewenang atas jabatannya dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau korporat, mengakibatkan kerugian negara berkisar Rp 200 juta.

“Melalui proyek pengadaan kendaraan operasional satu unit Mitsubishi Strada Triton Double Cabin Dsikes Kubar TA 2008,” tutur Ricki Panggabean.

Baca Juga

Persidangan tersebut bermula sejak 2013 silam. Kala itu terdakwa menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Samarinda. Terdakwa melakukan upaya banding hingga ke tingkat kasasi.

“Sehingga turun salinan putusan MA ini. Perintah mengeksekusi penahanan terhadap terdakwa Zulkarnain,” tukas Ricki Panggabean.

Mantan Kadiskes Kubar ini terbukti melanggar pidana dalam Pasal 3 juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor, sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001.

“Terdakwa wajib menjalani kurungan penjara selama 1 tahun 6 bulan. Denda Rp 50 juta subsider 2 bulan,” pungkasnya.

Berdasarkan salinan putusan yang didapatkan media ini dari Direktori Putusan MA, kasus ini berawal dari proyek pengadaan kendaraan operasional, yakni satu unit mobil Mitsubishi Strada Triton Double Cabin 4×4 Diskes Kubar TA 2008. Dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD), mobil tersebut dianggarkan sebesar Rp 300 juta.  Pengadaan itu menggunakan sistem lelang.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button