Universitas Widya Gama Mahakam
AdvertorialBontangDaerah

Bina Nelayan, PKT Gelar Pelatihan Servis Mesin Ketinting dan Dongfeng

Bontang, nomorsatukaltim.com – Untuk meningkatkan keterampilan nelayan binaan supaya lebih produktif dalam melaut, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menggelar pelatihan servis mesin ketinting dan dongfeng. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal bagi para nelayan dalam mengatasi kendala mesin kapal secara mandiri.

Pelatihan ini bekerjasama dengan Himpunan Pembudidaya Perikanan Kelautan (HPPK) Bontang Kuala, Rabu (18/5/2022).

AVP Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen TJSL PKT Irma Safni, mengungkapkan pelatihan diikuti 20 nelayan binaan PKT dari berbagai wilayah di Kota Bontang dan berlangsung selama delapan hari. Pematerinya dari Lembaga Pelatihan Kerja Putra Mandiri Samarinda.

Pelatihan ini sebagai nilai tambah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan nelayan binaan, sehingga ke depan mampu memperbaiki mesin kapal secara mandiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan saat mengalami kerusakan.

Hal ini mengingat kerusakan mesin kapal menjadi kendala utama yang memengaruhi produktivitas nelayan saat melaut, sehingga butuh penguatan kapasitas dan keterampilan agar mampu mengatasi kendala tersebut.

“Melalui bekal keterampilan dari pelatihan ini, diharap nelayan binaan dapat lebih berkembang serta mampu mengatasi berbagai kerusakan mesin dengan baik, sehingga tetap produktif saat melaut,” ujar Irma.

Sejumlah materi yang akan dibekali selama pelatihan terdiri dari pengenalan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), pengenalan perkakas mesin, pengetahuan dasar cara kerja mesin diesel dan ketinting, overhaul mesin diesel hingga perawatan harian dan berkala pada mesin.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button