Bontang

Fraksi PKS DPRD Bontang Dorong Pemkot Bantu Palestina

BONTANG, nomorsatukaltim.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Bontang mendorong Pemkot membantu Palestina menghadapi serangan Israel. Hal ini disampaikan Ketua Fraksi PKS, Abdul Malik di sela Rapat Paripurna, Senin (17/5/2021) di Gedung DPRD Bontang.

Kata Malik, selemah-lemahnya kontribusi yang bisa diberikan masyarakat adalah doa. Namun Pemkot didorong untuk bisa membantu meringankan beban penderitaan rakyat Palestina, dengan menyisihkan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) .

“Bung Karno pernah mengingatkan, selama rakyat Palestina belum mendapatkan hak-hak kemerdekaannya, maka rakyat Indonesia akan terus berdiri sampai hak-hak kemerdekaan Palestina didapatkan,” ujar legislator dari PKS itu mengutip pernyataan Presiden ke-1 Indonesia, Soekarno.

Dilansir dari CNN Indonesia, Indonesia bersama Malaysia dan Brunei Darussalam mengutuk kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan bersama antara Presiden RI Joko Widodo, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, dan Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah Mu’izzadin, pada Minggu (16/5/2021).

Baca Juga

“Kami mengulangi solidaritas kami kepada rakyat Palestina dan dukungan penuh untuk pembentukan Negara Palestina yang merdeka dan berdaulat,” tulis Jokowi di akun miliknya

Ketiga pemimpin itu mengutuk keras tindakan pelanggaran dan agresi terang-terangan yang berulang kali dilakukan Israel, yang menargetkan warga sipil di seluruh wilayah pendudukan Palestina, demikian menurut pernyataan itu. Kekerasan tersebut, lanjut pernyataan bersama itu, menyebabkan penderitaan bagi banyak orang termasuk perempuan dan anak-anak.

“Kami juga tanpa pamrih mengutuk pelanggaran hukum internasional, termasuk hukum kemanusiaan dan hak asasi manusia, yang dilakukan Israel, melalui kebijakan yang tidak manusiawi, kolonial, dan apartheid terhadap orang-orang Palestina di Wilayah Pendudukan Palestina,” lanjut isi pernyataan itu.

Oleh karena itu, mereka mendesak adanya tindakan kolektif yang bertanggung jawab untuk memastikan pertanggungjawaban yang diperlukan atas pelanggaran Israel sesegera mungkin.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button