Universitas Widya Gama Mahakam
BontangHL

Buronan Pengadaan Eskalator DPRD Bontang Dibekuk Kejagung

Bontang, nomorsatukaltim.com – Pelarian buronan kasus korupsi pengadaan eskalator di DPRD Bontang tertangkap. Terdakwa I Gusti Ngurah Ketut Suwiardana ditangkap Tim Tabur Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Intelijen dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang di Bandara Soekarno -Hatta.

Suwiardana dan istri hendak bertolak ke Bali, Kamis (4/3/2021). Di perjalanan menuju bandara, tim mencegah mobil pajero putih yang ditumpangi mereka.

“Mereka akan berangkat ke Bali melalui Bandara Cengkareng,” ujar Kasi Intel Kejari Bontang, Hendry Sipayung saat menggelar jumpa pers di Kejari Bontang, Jumat (5/3/2021).

Dari informasi yang dirangkum Disway Kaltim dan nomorsatukaltim.com, pelarian terdakwa dilakukan sejak April 2019 lalu. Perjalanan putusan kasus ke terdakwa cukup panjang.

Baca Juga

Kali pertama Suwiardana divonis melalui persidangan Pengadilan Negeri TIndak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Samarinda. Ia divonis penjara 1 tahun dan denda Rp 50 juta serta uang pengganti Rp 26 juta. Jaksa tak puas dengan keputusan hakim. Kemudian melayangkan banding ke tingkat Pengadilan Tinggi (PT) Kaltim, Mei 2018 silam.

Putusan Pengadilan Tinggi tak jauh berbeda dengan pengadilan di bawahnya. Terdakwa dijatuhi pidana penjara 1 tahun denda Rp 50 juta serta uang pengganti Rp 95 juta.

“Putusannya dinilai terlalu ringan dengan ancaman hukuman jaksa yakni 4 tahun,” ujar Hendry.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button