Jumlah Relawan di Kukar Masih Kurang, Pramuka Turut Dampingi Nakes

KUKAR, nomorsatukaltim.com – Sejak dibuka belum lama ini, lowongan tenaga relawan tenaga kesehatan (Nakes) masih sepi peminat. Dari kebutuhan yang dianggap ideal, yakni sebanyak 20 relawan, baru tujuh orang yang mendaftar dan langsung disetujui untuk berkontribusi membantu para nakes di Kukar. Utamanya faskes yang menjadi rujukan perawatan COVID-19.

“Itupun dari adik-adik Pramuka, saya imbau komunitas atau masyarakat lainnya untuk ikut bergabung,” ujar Ketua Satgas COVID-19 Kukar sekaligus Bupati Kukar, Edi Damansyah, beberapa waktu lalu.

Meskipun sifatnya adalah relawan, Edi memastikan para relawan akan mendapatkan hak-haknya. Sesuai dengan tugas dan kinerja dalam membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 yang masuk di fase gelombang kedua ini. Di mana pasien positif terus bertambah, meski yang sembuh pun tidak kalah banyak. Namun pasien yang berada di rumah sakit, tak kunjung menurun sama sekali.

Nantinya, dipastikan Edi, setelah relawan itu direkrut dan dilatih dengan baik, mereka akan diberi bekal dalam menjalankan tugasnya. Seperti pemberian vaksin, sebagai bentuk proteksi selama menjalankan tugasnya sebagai relawan.

“Yang direkrut bertugas mendampingi para perawat, walaupun sekolah umum diterima. Untuk sementara di luar nakes dibutuhkan 20 orang,” pungkas Edi.

Sebelumnya, Pemkab Kukar terus lakukan pemenuhan kebutuhan nakes dan relawan penanganan COVID-19 di Kukar. Hal ini buntut meningkatnya jumlah pasien yang terkonfirmasi positif, ditambahkannya fasilitas kesehatan perawatan pasien COVID-19, dan sebagian nakes yang harus “diparkir” sementara karena terpapar saat memberikan perawatan.

Karena hal itulah, kini nakes di Kukar pun sudah merawat pasien di atas ambang ideal seorang nakes. Bahkan jika dihitung-hitung, seorang nakes di Kukar saat ini harus merawat sebanyak 10 pasien atau lebih. Sehingga membuat nakes menjadi kewalahan, dan perlu tenaga tambahan yang ikut menopang. Relawan salah satunya.

Rekrutmen relawan pun kini dilakukan. Relawan yang khusus bertugas mendampingi dan membantu pekerjaan dari para nakes dalam memberikan perawatan kepada pasien. Seperti membantu memasang dan mengganti alat infus kepada pasien, mengganti kelengkapan pasien yang dirawat, dan banyak lagi tugas lainnya. (mrf/zul)

Leave A Reply