covid-19Kukar

Belasan Orang Dicurigai Terpapar COVID-19 Jenis Delta

Mutasi COVID-19 jenis Delta mulai membayangi Indonesia. Tak terkecuali di Kukar. Dinas Kesehatan mengirim sampel pasien yang terindikasi dijangkiti virus jenis tersebut.

KUKAR, nomorsatukaltim.com – Perkembangan virus corona begitu pesat setahun terakhir. Seluruh dunia hampir lumpuh karena penyebaran yang cepat. Dampaknya kini sekitar ratusan juta orang di dunia, yang sudah tercatat terpapar virus yang berawal dari Wuhan, Tiongkok ini.

Seiring berkembangnya waktu, virus tersebut bermutasi. Menyesuaikan keadaan dan kondisi saat menulari inangnya sebagai bentuk bertahan hidup. Banyak sudah ditemukan virus corona jenis hasil mutasi.

Sedikitnya ada 10 jenis varian baru, namun salah satu jenis varian baru yang sudah ditemukan di Indonesia, yakni berjenis Delta (B.1.617.2) asal India, yang mengalami ledakan kasus luar biasa.

Ditambah beberapa kali ada Warga Negara Asing (WNA) asal India yang ketahuan masuk ke Indonesia, saat lonjakan kasus itu terjadi. Di antaranya ditemukan terpapar dan dinyatakan positif COVID-19. Seperti yang ditemukan di Muara Berau, Kukar.

Sebanyak enam orang ditemukan positif COVID-19. Empat di antaranya merupakan WNA asal India. Saat salah satu kapal pengangkut batu bara dari Singapura berlabuh.

Pertama kali kasus COVID-19 varian India ini ditemukan di Indonesia, di Jakarta dan sekitarnya. Kemudian mulai menyebar. Bahkan disebut-sebut memiliki tingkat penularan yang cepat, dengan gejala sedikit berbeda dari COVID-19 biasanya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button