Universitas Widya Gama Mahakam
covid-19HLMetropolis

Vaksinasi Nakes di Kaltim Belum Rampung

SAMARINDA, nomorsatukaltim.com – Program vaksinasi COVID-19 terhadap tenaga kesehatan di Kalimantan Timur belum rampung. Sejak dilakukan pada 14 Januari, proses vaksinasi terhadap 30.232 nakes baru mencapai 86 persen.

Kesiapan tenaga kesehatan menerima vaksin terganggu sistem aplikasi. Data nakes Kaltim seringkali tidak sinkron dengan data milik pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi (Diskesprov) Kaltim, Padilah Mante Runa melaporkan. Realisasi vaksinasi COVID-19 di Kaltim. Telah mencapai 86 persen. Kaltim, bahkan masuk dalam 10 provinsi dengan cakupan realisasi vaksinasi tertinggi secara nasional.

“Kaltim menduduki peringkat ke-8 se Indonesia,” ujarnya dalam sambungan telfon bersama Disway Kaltim, Rabu (10/2/2021). Cakupan itu, dinilai cukup tinggi jika dibanding provinsi lain di Indonesia. Ia menyebut, beberapa daerah masih jauh dari pencapaian target vaksinasi secara nasional.

Baca Juga

“Di provinsi lain, ada yang baru mencapai 40 persen capaian vaksinasinya,” sambungnya.  Meski begitu, Padilah mengakui. Kaltim juga lepas dari target. Vaksinasi tahap I, ditarget selesai per tanggal 10 Februari kemarin. Namun, faktanya proses vaksinasi masih belum selesai.

“Nama nakes di aplikasi kadang tidak muncul. Seluruh provinsi mengeluh begitu. Kita kerja keras sudah di daerah. Tapi ya kadang itu tidak sesuai dengan apa yang dimunculkan,” keluhnya.

Meski begitu, Diskesprov menarget vaksinasi nakes Kaltim bisa selesai pada bulan ini. Sementara, terkait informasi pengiriman jatah vaksin tahap selanjutnya.  Padilah mengaku belum menerima informasi terbaru dari pemerintah pusat.

Namun, ia berharap jatah vaksin pada tahap kedua. Bisa diterima Kaltim secepatnya.  “Harapannya bisa di awal Maret. Atau paling cepat, di akhir Februari. Mudah-mudahan ya,” katanya.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button