Clearing HoaxHL

Ribut Jembatan Mahakam Disenggol Tongkang, BPJN: Itu Kejadian Lama

banner diskominfo kaltim

Tangkapan layar video yang tersebar di media sosial soal Jembatan Mahakam ditabrak tongkang batu bara, Minggu 14 Juli 2019 hari ini. Namun menurut BPJN video tersebut merupakan kejadian 30 Juni 2019 lalu. 

Samarinda, DiswayKaltim.com – Baru-baru ini jagad dunia maya mendadak heboh setelah video tertabraknya pondasi Jembatan Mahakam oleh tongkang berisi batu bara tersebar di aplikasi sosial media Instagram dan grup-grup WhatsApp.

Kejadian itu disebutkan terjadi Minggu, 14 Juli 2019, hari ini.

Baca Juga

Dalam video tersebut, terlihat tongkang menabrak tiang jembatan saat proses pengolongan melalui jembatan. Tampak debu berhamburan ke udara.

Sayangnya, video tersebut ternyata rekaman lama dan dianggap hoaks oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan Ditjen Bina Marga.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan Ditjen Bina Marga Refly Ruddy Tangkere mengatakan itu kepada diswaykaltim.com.

“Ya betul, itu kejadian yang lama,” terang Refly melalui pesan WhatsApp, Minggu (14/7/2019)

Menurut Refly, video yang beredar tersebut adalah rekaman amatir saat kejadian serupa 30 Juni 2019 lalu.

Hingga berita ini dimuat,  tidak ada kerusakan atau aktivitas apa pun yang mengancam keselamatan tiang atau pilar Jembatan Mahakam. Bahkan, akun Instagram yang menyebarkan kabar itu lebih awal sudah menghapus video tersebut.

Sebagai catatan, Jembatan Mahakam berulang kali ditabrak oleh tongkang batu bara. Kejadian terakhir terjadi 30 Juni lalu. Pihak BPJN pun sudah membuka lelang untuk pengerjaan fender jembatan mahakam dan saat ini mulai memasuki tahapan persiapan pengerjaan. BPJN menargetkan pengerjaan fender rampung Desember mendatang. (m3/eny)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button