Clearing HoaxHL

Pernikahan Sedarah Masih Misteri

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Kabar pernikahan kakak beradik asal Bulukumba, Sulawesi Selatan di Balikpapan hingga kini masih menjadi perhatian masyarakat. Khususnya warga Balikpapan. Pasalnya, hingga kini belum diketahui dimana lokasi pernikahan dan siapa yang menikahkan.

Terkait hal ini, salah satu akun Facebook bernama Warkop Samindara memposting foto pernikahan kakak adik tersebut, dengan menuliskan keterangan bahwa pernikahan itu berlangsung di RT 58 Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah.

Namun saat ditelusuri, ketua RT setempat, Gatot Utomo, memberikan keterangan bahwa dirinya tak mengetahui tentang pernikahan itu. Pun menurutnya, tak pernah ada pernikahan yang berlangsung dengan mempelai saudara kandung.

Hasil penelusuran pihak Kantor Kementerian Agama Balikpapan ke seluruh KUA dan penghulu di Balikpapan, tak ditemukan akta nikah dengan mempelai atas nama Ansar dan adik yang dinikahinya itu.

Pernikahan sedarah yang dikabarkan terjadi di Balikpapan ini masih mengambang. Antara benar terjadi atau hanyalah kabar yang belum pasti kebenarannya.

Ada dua kemungkinan terhadap kabar pernikahan yang mengegerkan ini. Antara hoax, atau pernikahan benar terjadi. Yaitu pernikahan siri dan difasilitasi penghulu liar alias tak berlisensi.

“Sepertinya itu hoax ya. Karena kita sudah telusuri ke seluruh KUA dan konfirmasi ke penghulu yang ada, tidak ada nama-nama mempelai itu. Kami juga sudah menelusuri ke rumah Pak RT, tapi menurut Pak RT tidak ada itu (pernikahan),” kata Kepala Kantor Kemenag Balikpapan Hakimin saat ditemui DiswayKaltim.com di kantornya, Jumat (5/7).

Pun kalau benar terjadi, Hakimin menegaskan pernikahan yang dilakukan di luar aturan hukum yang berlaku. Yaitu nikah siri, yang penghulunya tak memiliki lisensi dan bukan yang berwenang menikahkan sesuai yang di atur dalam UU No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Kabar pernikahan dua orang kakak beradik ini sungguh menjadi sorotan publik. Pun demikian dengan para netizen.

Keduanya dikabarkan izin kepada keluarga di Bulukumba untuk merantau ke Malaysia. Namun ternyata keduanya menggelar pernikahan di Balikpapan. Setelah melangsungkan pernikahan terlarang itu pada 23 Juni 2019. Ansar, merupakan anak keempat dari 7 bersaudara. Sedangkan adiknya yang dinikahi itu merupakan anak bungsu. (sah/dah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button