Universitas Widya Gama Mahakam
Advertorial

Dukung Penguatan Sistem Kelistrikan di IKN, PLN Bangun Sejumlah Infrastruktur Listrik di Kaltim

 

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Pemerintah telah memastikan pembangunan Ibukota Negara (IKN) Nusantara bakal dilakukan secara bertahap. Yang akan dimulai dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Untuk mendukung pembangunan IKN, khususnya untuk pasokan listriknya, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) saat ini tengah membangun sejumlah infrastruktur kelistrikan. Yang nantinya diharapkan akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur.

General Manager PLN UIP Kalbagtim, Josua Simanungkalit mengatakan, saat ini pembangunan yang tengah dilakukan di Kaltim yaitu: lima proyek Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV)  dan 3 proyek gardu induk (GI).

Dengan fokus pembangunan di Kalitim saat ini adalah interkoneksi sistem kelistrikan dari Kaltim ke Kaltara, pembangunan untuk penyediaan listrik kepada konsumen tegangan tinggi. Dimana hal tersebut akan menjadikan sistem kelistrikan di Kaltim akan semakin kuat dan andal, sehingga bisa lebih berkembang dan semakin siap untuk rencana pemindahan Ibu Kota Negara Baru.

“Pembangunan SUTT 150 kV yang saat ini dalam tahap konstruksi adalah SUTT 150kV Bukuan – KFI, Sangatta – Maloy, Maloy – Kobexindo, Tanjung Redeb – Talisayan, dan Tanjung Redeb – Tanjung Selor termasuk Gardu Induknya. Kemudian untuk proyek gardu induk saat ini terdapat GI yang sedang proses konstruksi yaitu Extention GI Bukuan dan GI Maloy. Lalu terdapat juga GI Sepaku yang masih dalam tahap survey,” jelas Josua.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button