Universitas Widya Gama Mahakam
AdvertorialKutim

Disperindag Kutim Fokus Kembangkan IKM melalui Standardisasi dan Teknologi Profesional

Sangatta, nomorsatukaltim.com – Pembinaan industri kecil dan menengah (IKM) menjadi perhatian khusus Pemkab Kutai Timur (Kutim). Bagaimana memajukan peran IKM melalui penerapan standar dan teknologi proses yang profesional.

Untuk itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kutim bekerja sama dengan Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Samarinda. Kedua lembaga tersebut melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dirangkai kegiatan pembinaan industri pada IKM dan pihak terkait.

Materinya tentang penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan tata cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB). Acara dihelat di Ruang Tempudau Perkantoran Sekretariatan (Sekkab) Kutim, Selasa (24/5). Kegiatan diikuti 20-an peserta pelaku IKM di seluruh kabupaten yang dijuluki Bumi Untung Benua ini.

“Barang atau produk yang belum memiliki sertifikat SNI tidak bisa dikirim (ekspor) kemana-mana. Termasuk makanan yang kita konsumsi setiap harinya,“ jelas Kepala Disperindag Kutim, Zaini dalam sambutannya saat membuka acara.

Baca Juga

Zaini mengatakan, penerapan SNI pada produk khususnya yang dihasilkan oleh para IKM di Kutim sangat dibutuhkan. Karena SNI bisa membantu para konsumen untuk memilih produk yang berkualitas. Dari segi keselamatan hidup, kesehatan maupun dampak lingkungan.

Berbicara IKM yang ada di Kutim, sambung Zaini, merupakan salah satu sektor yang mampu terus bertumbuh secara baik. Hasil produknya juga sudah mampu menembus pasar ekspor. Untuk itu dengan adanya pembinaan dan latihan (Diklat) ini, dia berharap para pelaku IKM bisa memanfaatkan secara baik dan  mampu menerapkan standar yang sudah ditetapkan pada berbagai produk hasil olahan dan usahanya.

Dengan begitu produk yang dihasilkan memiliki standar keamanan kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button