Universitas Widya Gama Mahakam
Advertorial

Sambut IKN, BSPJI Samarinda dan Dinas KUKM Perindag PPU Akan Tingkatkan Sektor Produksi

Penajam, nomorsatukaltim.com – Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Samarinda dan Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) Penajam Paser Utara (PPU), menjalin komitmen dalam peningkatan pelaku industri kecil menengah (IKM) di Benuo Taka.

Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) itu dibalut dengan pelatihan optimalisasi pemanfaatan teknologi industri dan penguatan kekayaan intelektual.

Plt Kepala BSPJI Samarinda, Ari Indarto Sutjiatmo menuturkan, peningkatan sektor perindustrian di PPU perlu dilakukan, mengingat PPU merupakan daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Bentuk dari dukungan itu ialah memberikan beberapa pelatihan untuk mengoptimalkan produk-produk asli PPU dalam beberapa aspek.

Para pelaku IKM berjumlah 25 orang yang diberikan pelatihan itu, merupakan pelaku usaha yang selama ini telah aktif. Mereka mendapatkan beberapa disiplin ilmu terkait pengembangan usaha ke depan.

“Kami, BSPJI punya fungsi dan kesempatan, serta tenaga ahli dan orang-orang yang berpengalaman, bagaimana kemampuan yang ada dari industri itu bisa diupgrade. Jadi bisa buat lebih banyak, lebih cepat, efisien dan lebih murah,” ucapnya, Kamis, (19/5/2022).

Selain untuk membantu pengembangan industri yang ada di PPU dan yang sudah berjalan, perlu juga dilakukan penguatan intelektual industri. Tujuannya agar siap bersaing dengan dunia perindustrian yang lebih luas.

Salah satu bentuk hasil dari peningkatan intelektual itu ialah adanya kepemilikan hak kekayaan intelektual (HAKI) dari brand dan produk yang dimiliki. Hal lainnya juga, agar persaingan bisnis antar pelaku usaha bisa berjalan dengan sehat.

“Bisnis kan bersaing, jadi satu industri yang sama, tidak boleh menggunakan nama produk lain yang lebih baik. Dengan kekayaan intelektual, merek yang sudah didaftarkan, orang lain tidak boleh memakai,” jelas Ari.

1 2Laman berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button