AdvertorialMahulu

Ciptakan Mudik Lebaran Aman, Bupati Bonifasius Menjamin Lancar

banner diskominfo kaltim

Mahulu, nomorsatukaltim.com – Suasana arus mudik Lebaran di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) berjalan lancar. Lonjakan penumpang kerap kali terjadi di setiap menjelang berakhirnya Ramadan.

Pemerintah Kabupaten Mahulu pun bergerak cepat dalam memastikan dan menjamin tradisi mudik Lebaran tahun 2022 ini berjalan lancar. “Tentu kita harapkan masyarakat tetap menjaga keselamatan dalam perjalanan. Apalagi momennya kan Lebaran, jadi harus bertemu dengan keluarga dengan kondisi sehat,” ujar Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, kepada nomorsatukaltim.com.

Mengingat akses hilir mudik kendaraan di kabupaten termuda di Kaltim itu terdapat sungai dan darat, ia pun meminta agar para pelaku perjalanan turut mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah. “Dengan tidak adanya pos penyekatan pula, tapi kita juga mengikuti turunan dari pusat, bagi pelaku perjalanan yang lewat dipastikan sudah mendapatkan vaksinisasi minimal dosis kedua,” terang Boni.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Mahakam Tahun 2022, bersama jajaran Polri, TNI, Satpol PP Kabupaten Mahulu, membuka posko di Pelabuhan Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, guna memantau aktivitas lalu lintas transportasi Sungai Mahakam jelang mudik Ramadan sejak tanggal (28/4) lalu.

Yuli Harianti Petugas Wasdal Pelabuhan Ujoh Bilang saat diwawancarai wartawan menyebutkan, lonjakan penumpang kerap ramai terjadi satu pekan sebelum Lebaran. “Nah mulai hari ini keberangkatan speedboat sudah ramai mas, sudah ada tujuh speedboat yang berangkat milir (ke pelabuhan Tering Kutai Barat),” ujar Yuli.

Menurut pantauan di lapangan, sejak (29/4/2022) petugas di posko mudik Lebaran sudah harus disibukkan mengurus aktivitas penumpang di sektor Sungai Mahakam.

Untuk diketahui, kegiatan penanganan pemudik ini merupakan salah satu giat dari Operasi Ketupat Mahakam 2022. Yang mana sebagai bentuk, memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik, selain itu tampak juga para petugas yang ketat mendata dan mencatat, saat memeriksa manifes para penumpang agar tidak terjadi kelebihan muatan. (adv/luk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button