10 Ribu Nelayan Kukar Dapat BPJS Ketenagakerjaan Gratis

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kutai Kartanegara memasukan 10.155 nelayan dalam program BPJS Ketenagakerjaan gratis. Jumlah tersebut diajukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar. Dari total sekitar 32 ribu pekerja rentan yang ada di Kukar.

Sekretaris DKP Kukar, Muslik mengatakan jika awalnya yang diajukan untuk mendapat jaminan ketenagakerjaan tersebut mencapai 13 ribu nelayan. Namun berdasarkan hasil verifikasi, yang memenuhi persyaratan hanya diangka 10.155 nelayan saja.

Selanjutnya, Pemkab Kukar akan mulai membayar iuran BPJS-Ket pada Oktober hingga Desember 2021. Menggunakan anggaran sekitar Rp 3 miliar yang telah disiapkan dalam struktur APBD Kukar 2021. Kemudian berlanjut dibayar kembali pada 2022 mendatang.

10.155 nelayan tersebut, dikatakan oleh Muslik, tersebar di 18 kecamatan se-Kukar. Terbanyak di daerah hulu dan pesisir Mahakam. Daerah yang memang sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan. Seperti di Kecamatan Muara Badak, Anggana, dan Samboja.

“Khusus nelayan karena pekerja untuk risiko tinggi pekerjaan, jadi nelayan saja yang baru diajukan, berisiko tinggi dan masuk masyarakat prasejahtera,” ujar Muslik saat dihubungi nomorsatukaltim.com – Disway News Network (DNN), Selasa(21/9/2021).

Terkait siapa saja yang bisa ter-cover dengan BPJS Ketenagakerjaan gratis ini. Muslik menyebut baru sebatas nelayan saja. Terkait anak dan istri, untuk saat ini belum dianggarkan. Bisa saja diajukan pada program selanjutnya.

“Masih nelayannya saja yang kita ditanggung,” lanjut Muslik.

Disebutkan Muslik, jika ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Kukar dalam menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2021. Tentang perlindungan kepada pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. Sejauh ini yang diketahuinya paling banyak yang menyorongkan permohonan pekerja rentan ini, dari Dinas Sosial (Dinsos) Kukar dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

Untuk pengajuan dari DKP Kukar, bakal diajukan kepada Disrtansnaker Kukar, sebagai leading sector dalam program BPJS Ketenagakerjaan gratis ini. (ADV/mrf/ava)

Leave A Reply