DPRD Balikpapan Usulkan Dana Silpa untuk Penanggulangan COVID-19

BALIKPAPAN, nomorsatukaltim.com – DPRD Kota Balikpapan mengusulkan agar dana sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBD murni 2021 digunakan untuk penanggulangan COVID-19.

Anggota Badan Anggaran DPRD Balikpapan Taufiqurrahman mengatakan, pihaknya berencana akan mengalokasikan dana Silpa dari satuan kerja yang kecil penyerapan anggarannya sebagai komitmen untuk penanggulangan penyebaran virus corona.

“Dengan kondisi ini tentunya akan kita arahkan ke penanggulangan Covid-19. Itu yang jadi prioritas bersama pendidikan dan pemulihan ekonomi. Ini sesuai dengan permintaan presiden kepada seluruh daerah,” ucap Taufiq.

Mengenai besaran Silpa yang didapatkan, lanjut Taufiq, pihaknya belum memperoleh angka pasti. Namun angka tersebut berada pada kisaran puluhan hingga Rp 100 miliar.

Adapun saat ini, DPRD bersama Pemkot Balikpapan sedang melakukan pembahasan terhadap APBD Perubahan 2021 untuk menentukan pemanfaatan Silpa tersebut.

“Kita lihat pengaturannya. Kalau untuk pembangunan tidak akan cukup waktunya. Ini yang sedang dibahas dalam APBD perubahan. Bisa juga termasuk BPJS gratis dan subsidi anak sekolah,” tuturnya.

Menurut Taufiq, anggaran COVID-19 akan tetap dititipkan melalui masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Seperti Dinas Komunikasi dan Informasi, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Sosial.
“Kita selalu mengikuti instruksi presiden. Apa yang diinstruksikan presiden kepada pemerintah daerah, DPRD siap mendukung,” terangnya. (*/SND/ENY/ADV)

Leave A Reply